Usulan Direspon Baik Menteri Pertanian, Pemprov PB Akan Lakukan Rapat Koordinasi

JAKARTA- Sehubungan dengan agenda pertemuan Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan bersama Menteri Pertanian dan didampingi para sekjen telah mengurai sejumlah topik perbincangan.

Diantara banyaknya usulan, Gubernur Dominggus Mandacan meminta dukungan pemerintah pusat sehubungan dengan kegiatan budidaya dan pembangunan sarana Industri untuk mengolah hasil pertanian. Hal itu tentu sejalan dengan adanya ketersediaan sarana prasarana yang memadai demi meningkatkan hasil produksi pada sektor pertanian.

“Untuk mendukung kegiatan budidaya, Gubernur meminta bagaimana bisa menuju pada mekanisasi pertanian sehingga daerah-daerah yang kekurangan tenaga bisa dibantu dengan peralatan pertanian. Itu penting sehingga dapat mendukung dalam sistim budidaya yang dilakukan oleh masyarakat,” Ucap Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat, Dr. Ir. Jacob Fonataba,M.Si melalui sambungan telepon, Selasa (26/01/2021).

“Pak Gubernur juga sampaikan ke Menteri Pertanian agar secara berkelanjutan dapat menata lahan kelapa sawit yang sudah ada. Kemudian dimanfaatkan secara optimal tetapi juga dibangun industri sampai pengolahan juga ada di Papua Barat,” Ucapnya

Sesuai hasil perbincangan, Pemerintah Provinsi Papua Barat mendapat respons positif atas usulan yang diberikan kepada Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Menteri Pertanian turut memberikan tantangan kepada Papua Barat sekiranya meningkatkan target pengolahan lahan hingga mencapai 10.000 hektar.

“Saya mempertegas saja, respons dari pak Menteri bukan hanya menerima proposal bahkan menantang kita untuk diusulkan lahan tidak hanya dibawa 1.000 hektar tetapi lebih diatas 10.000 hektar. Dengan demikian segala sesuatu yang berhubungan sarana prasarana akan dilengkapi sekaligus didalam program ini,” Imbuh Dr. Ir. Jacob Fonataba,M.Si.

Selaku kepala Dinas, dirinya juga diberikan instruksi guna mempersiapkan rapat koordinasi yang akan dipimpin langsung Gubernur dalam menindaklanjuti hal dimaksud.

“Baru saja Pak Gubernur memerintahkan kepada saya, Pak Kadis pulang segera lakukan rapat koordinasi dan dipimpin langsung oleh Gubernur untuk menindaklanjuti hasil pertemuan bersama Menteri Pertanian, sekaligus arahan dari Pak Moeldoko,” Tutupnya. [kpb_01]

Leave a Comment