Rute Tol Laut Masuk Pelabuhan Kokas, Ini Harapan Kadis Perhubungan Papua Barat

KABUPATEN FAK-FAK,- Pelayaran Tol Laut dengan Kapal KM. Logistik Nusantara 2 di Pelabuhan Kokas, Kabupaten Fak-Fak, telah resmi beroperasi sejak tanggal 21 Januari 2021.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat, Agustinus Kadakolo menjelaskan akses transportasi tersebut tentu akan memberikan peluang besar kepada masyarakat.

“Sekarang sudah ada transportasi tol laut dan membuka peluang juga untuk masyarakat. Jadi bukan hanya tol laut dan sekedar hanya membawa barang ke Fak-Fak, tetapi sumberdaya alam yang ada di Fak-Fak secara umum dan Kokas ini bisa untuk dibawa keluar menggunakan jasa transportasi ini,” Jelas Kadishub Papua Barat, Agustinus Kadakolo.

Perlu diketahui bersama tujuan hadirnya Tol Laut dengan rute Merauke-Kokas-Sorong-Biak/Korido-Depare/ Jayapura harusnya memberikan umpan balik terhadap pengiriman sumberdaya antar daerah terkhususnya Kabupaten Fak-Fak dan Distrik Kokas sebagai pelabuhan tujuan yang disinggahi.

“Permintaan tol laut juga harus ada umpan balik karena mereka juga ada tawaran sumberdaya yang ada disini. Berikutnya Fak-Fak ini sudah siapkan sumberdaya yang akan di drop keluar. Seperti disini ada Pala, Ikan dan Rumput laut contohnya,” Tambah Kadakolo.

Untuk proses kemasan nantinya akan diatur oleh pelaku ekonomi yang hendak menggunakan jasa Tol Laut dalam memasarkan hasil produksinya di Kabupaten Fak-Fak, Provinsi Papua Barat.

“Ikan juga nanti bisa dikemas seperti apa, kemudian rumput laut. Dia disewa kalau bawa barang kan nanti ada pelaku ekonomi disini yang punya barang juga. Dulu kalau bawa kesini agak lama, adanya kapal ini berarti sudah cepat sehingga akan sangat berdampak positif untuk masyarakat,” Harap Kadis Perhubungan Papua Barat. [kpb_01].

Leave a Comment