HUT KE-25 Papua Barat, Pj. Gubernur Ali Baham Serukan Kolaborasi Bersama Dukung Pembangunan Daerah

MANOKWARI – Provinsi Papua Barat merayakan Hari Ulang Tahun Ke-25 sejak terbentuk 12 Oktober 1999 silam. Acara dirangkai Upacara, dipimpin langsung Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP, Sabtu (12/10/2024).

Para peserta upacara terdiri dari ASN Papua Barat, instansi vertikal, TNI-Polri, Organisasi Masyarakat dan para pelajar dipusatkan pada lapangan kantor Gubernur, Arfai. Selain itu turut dihadiri para pimpinan Forkopimda Papua Barat, Pj. Ketua TP PKK serta tokoh pemekaran tim 315.

Dalam arahannya Pj. Gubernur Ali Baham menyampaikan dengan sejarah panjang terdapat dua hari yang sangat penting untuk Papua Barat. Pertama, tanggal 12 Oktober sebagai hari ulang tahun dan tanggal 6 februari ditetapkan hari seni budaya mengenang momentum bersejarah dalam ungkapan syukur.

Disamping itu sejumlah prestasi yang telah dicapai pada usia 25 tahun salah satunya mampu melakukan percepatan pembentukan Perdasus dan Perdasi sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) nomor 106 dan 107.

“Jika diibaratkan sebagai sebuah kapal yang memulai pelayarannya tentu banyak mengalami badai, gelombang dan hujan silih berganti. Namun demikian apapun yang menerpa Provinsi ini kita mampu mengatasi sehingga pemerintahan kita tetap eksis dalam penyelenggaraannya,” Ujarnya.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak demi mewujudkan pelaksanaan pembangunan di Papua Barat. Selama lima tahun belakangan Papua Barat terus berpacu merubah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang selalu alami peningkatan.

Poin lainnya yang menjadi penekanan kepada seluruh aparatur pemerintah yang diberikan kepercayaan tingkatkan kemampuan dan profesionalisme, disiplin dan etos kerja yang saat ini masih terkesan kurang optimal. Selanjutnya hindari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Saudara-saudara marilah kita lebih mencintai masyarakat dan daerah ini dan wujudkan itu melalui karya nyata. Kepada seluruh masyarakat saya ajak untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan ikut menciptakan keamanan dan ketenteraman yang kondusif sehingga proses pembangunan Papua Barat berjalan aman dan lancar,” Pesannya.

Pada penghujung acara dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Pj. Gubernur Papua Barat didampingi Pj. Ketua TP PKK, Ny. Siti Mardiana Temongmere,SE beserta tamu undangan. Kemudian pelepasan balon udara Spesial HUT Ke-25 Papua Barat dan launching  perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi 30 ribu pekerja rentan.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment