Pj. Gubernur ABT Dan Rombongan Ziarah Di Makam Alm. Yance Rumbino

BIAK NUMFOR PAPUA-Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere MTP, pada jumat, ( 20/09/2024 ) akhirnya berkunjung ke pulau Wundi.

Dengan menumpangi speed boat, Pj. Gubernur Ali Baham yang didampingi Pj. Ketua TP PKK provinsi Papua Barat, Ny. Haja. Siti Mardiana Temongmere, SE, bertolak dari Biak menuju Numfor sekira pukul 7 WIT.

Setibanya di pulau Wundi, rombongan Pj. Gubernur disambut antusias masyarakat dan unsur pimpinan wilayah setempat. Beriziarah makam dan menyanyikan lagu Tanah Papua.

Pj. Gubernur Ali Baham, di kesempatan itu, mengungkapkan, bahwa tujuan dirinya dapat berkunjung ke pulau Wundi adalah untuk memberi rasa hormat kepada almarhum Yance Rumbino.

“Mengapa kemudian memilih datang ke pulau Wundi, ada dua hal itu yang pertama untuk melakukan ziarah ke pulau Wundi almathum bapak Yance Rumbino, dan tujuan saya yang kedua adalah untuk melihat secara langsung di pulau Wundi, karena cerita bapak saya waktu di tawan di pulau ini pada tahun 1963 dalam peristiwa kembalinya Irian Jaya ke pangkuan NKRI,”jelas Pj. Gubernur ABT.

Lanjut kata Pj. Gubernur ABT, bahwa tujuan lian dirinya ke pulau Wundi adalah untuk membuka melihat langsung pulau yang merupakan tempat tahanan ayahnya sebagai tentara suka relawan pembebasa Irian Barat dan nyaris menjadi korban pembunuhan.

“Informasi yang ke dua, ini saya mau konfirmasi kepada keluarga dan para unsur pimpinan yang ada di sini di pulau Wundi, bahwa ayah saya termasuk sebagai seorang suka relawan untuk upaya kembalinya Irian Jaya ke pangkuan ibu pertiwi. Jadi pulau Wundi ini ada sejarahnya bagi saya dimana pada tahun 1961 di bulan desember bapak presiden mengumumkan tentang Trikora ( Tri Komando Rakyat ) di Yogyakarta dan hingga 1 mei tahun 1963, ada sejumlah orang menanti kematian di pulau Wundi, mereka pada waktu itu disuruh menggali kuburannya sendiri dan kalau Irian Jaya pada masa itu tidak kembali masuk ke pangkuan NKRI, maka bapak saya juga merupakan salah satu dari tawanan saat itu yang ikut dibunuh dan dikubur di sana. Jika waktu itu beliau bapak saya meninggal di pulau Wundi berarti saya tidak berdiri di sini,”ungkap Pj. Gubernur ABT.

Di lokasi yang sama Pj. Gubernur ABT juga berkesempatan menyerahkan ratusan paket sembako kepada masyarakat setempat, yang disalurkan melalui dinas Perindustrian Perdagangan provinsi Papua Barat.

Turut hadir mendampingi Pj. Gubernur dalam kunjungan itu, beberapa asisten dab staf ahli serta pimpinan OPD dilingkup pemprov Papua Barat.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment