Pj. Gubernur Ali Baham Tegaskan Pemilukada 2024 Ajang Perkuat Rasa Persaudaraan, Partisipasi Pemilih Target 90 Persen

MANOKWARI – Tingkat partisipasi pemilih Papua Barat dilaporkan tertinggi diatas angka Nasional pada gelaran Pilpres dan Pileg 14 Februari lalu. Penjabat Gubernur Papua Barat apresiasi penuh dukungan semua pihak dan mengimbau bersatu menatap sukses Pemilukada 27 November Mendatang.

Dalam sambutannya pada Rakor Kesiapan Pemilukada, Pj. Gubernur Ali Baham menguraikan tercatat partisipasi masyarakat mencapai 87,6 persen, jauh melampaui secara nasional 77,4 persen. Hal ini menunjukkan masyarakat Papua Barat, baik di pedalaman, pesisir dan pulau-pulau sangat sadar menjalankan kewajiban sebagai warga negara gunakan hak pilihnya.

Selain itu berkat peran bersama pemerintah, penyelenggara, aparat keamanan dan menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilukada mendatang sekira diatas 90 persen, bahkan lebih.

“Saya mengajak kita semua merubah mindset dimana pilkada sebelumnya dianggap ajang perebutan kekuasaan sekarang menjadi ajang memperkuat rasa persaudaraan,” Tegasnya, Kamis (22/8/2024).

Capaian membanggakan itu diapresiasi Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Togap Simangunsong. Ia memberikan tantangan agar pada Pemilukada mendatang angka terus meningkat.

“Ini tentunya jadi tantangan kita pada pilkada akan datang agar pertahankan atau meningkatkan. semakin tinggi partisipasi pemilu tentu harapan kita kepala daerah yang terpilih lebih legitimate,” Terangnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment