Pj. Gubernur Papua Barat Resmikan 7 PLTS Meliputi 4 Distrik di Kabupaten Teluk Wondama

TELUK WONDAMA – Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP didampingi Bupati Ir. Hendrik S. Mambor,MM meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bagi 7 kampung, Kamis (15/8/2024).

Pj. Gubernur Ali Baham menyebut kelengkapan sarana prasarana penerangan yang meliputi empat distrik tentunya masih kurang sehingga kedepan perlu sinergi bersama mendorong gerakan Indonesia terang, Papua Barat terang dan Teluk Wondama terang. Capaian ini juga akan dilaporkan Pj. Gubernur saat evaluasi triwulan keempat November mendatang.

Menurutnya momen ini juga merupakan hadiah peringatan HUT RI Ke-79 tahun 2024 dan 100 tahun peradaban di Aitumeri 2025. Untuk diketahui tujuh kampung tersebut diantaranya Naikere, Sararti, Sobiar, Nordiwar, Ambuar, Reyob dan Karpus.

“Kami berharap kepada Kepala PLN kalau ada program bisa diturunkan lagi, artinya kemarin di Fakfak, Kaimana dan sekarang di Wondama, Bintuni kita harap suplai dari LNG. pengalaman itu menjaga, oleh karena itu Anak-anak di kampung perlu dilatih untuk menjaga ini,” Urainya.

Bupati Kabupaten Teluk Wondama, Ir. Hendrik S. Mambor,MM meminta dukungan pihak PLN dan Pemprov Papua Barat untuk ikut membantu kelengkapan sarpras listrik karena saat ini ketersediaan terbatas. Selain itu meminta fasilitas kelistrikan mobile yang dapat memenuhi kebutuhan secara berpindah-pindah lokasi.

“Pemda juga akan berkomunikasi bersama kementerian terkait dalam menghadapi 2 event besar. Terimakasih kepada jajaran PLN dan Pemerintah Papua Barat, kemarin diskusi untuk ke suatu tempat tapi yang ada semua jauh-jauh,” Jelasnya.

Mewakili General Manager PT PLN (Persero) UIW Papua dan Papua Barat, Manager UP3 Manokwari, Fredrik M. Noriwari singkatnya mengungkapkan PLTS yang diresmikan untuk daerah merupakan program listrik desa berdaya yang dikembangkan oleh pemerintah dan bagian dari PLN untuk mendukung energi baru terbarukan.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment