Jelang HUT RI Ke-79, Provinsi Papua Barat Pecahkan Rekor MURI Bentangan Bendera Merah Putih Terpanjang di Dunia

MANOKWARI-Pemerintah provinsi Papua Barat, sukses melaksanakan pembentangan Kain bendera Merah Putih sepanjang 12, 270 kilo meter, dibentang melintasi jalan dalam kota Manokwari, Rabu (14/8/2024).

Bentangan kain Merah Putih dilakukan dengan mengambil titik star dari jalan Drs. Esau Sesa Manokwari, jalan Trikora Wosi, jalan Yos sudarso Sanggeng, jalan Merdeka Manokwari, jalan Banjarmasin, hingga jalan pasir putih dan finis di kampung Arowi I Manokwari.

“Memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, pada hari ini rabu, ( 14/08/2024 ) dalam rangka memperingati HUT RI ke 79 tahun, maka hari ini kita bersama-sama membentangkan bendera merah putih sepanjang 13.270 meter atau 13,270 kilo meter,”ucap Pj. Gubernur ABT.

Kata Pj. Gubernur ABT, bahwa Indonesia yang dibangun adalah membangun jiwanya dan membangun raganya. Dibangun di atas empat pilar yaitu yang pertama adalah pancasila, yang ke dua adalah UUD 1945, yang ke tiga adalah NKRI dan yang ke empat adalah Bhineka Tunggal Ika. Empat pilar ini menjadi dasar untuk kemudian membangun Indonesia agar menjadi Indonesia yang kemudian disebut Indonesia Raya. Indonesia yang meliputi dari Sabang sampai Merauke termasuk Papua Barat.

Pj. Gubernur ABT, juga menyampaikan pesan-pesan dan arahan tentang semangat dalam dalam menyongsong HUT RI ke 79 tahun 2024.

“Oleh karena itu, dengan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 79 saya mengajak kita semua, mari kita bangkitkan semangat membangun Indonesia, membangun jiwa dan raga bangsa Indonesia untuk menuju Indonesia emas 2045,”tandasnya.

Dengan mengucapkan kalimat MERDEKA selama tiga kali, Pj. Gubernur Ali Baham, didampingi Pangdam XVIII Kasuari, Wakapolda Papua Barat, kemudian menumpangi kendaraan roda empat jenis jeep memantau langsung pembentangan bendera disepanjang jalan dalam kota Manokwari.

Berdasarkan pantauan media ini, bentangan bendera Merah Putih berjalan sukses, dimana terlihat antusias warga masyarakat, TNI/Polri dan berbagai komponen masyarakat turut berpartisipasi dalam aksi tersebut.

Hasil akhir dari pelaksanaan bentangan kain merah putih tersebut, Pj. Gubernur Papua Barat kemudian secara langsung menerima piagam penghargaan oleh pihak Museum Rekor Muri Indonesia sebagai kain merah Putih terpanjang di dunia, pecahkan rekor Muri dunia Indonesia, di Bumi Perkemahan kampung Arowi I Manokwari.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment