Dinas Pendidikan Papua Barat Gelar Pembekalan 167 Penerima Beasiswa ADik Tahun 2024

MANOKWARI – Pemerintah Papua Barat melalui Dinas Pendidikan menggelar Pembekalan Calon Mahasiswa Penerima Beasiswa Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik). Kegiatan yang dipusatkan pada salah satu hotel tersebut dibuka oleh PJ. Sekda Papua Barat, Dr. Ir. Yakop S. Fonataba,M.Si mewakili Pj. Gubernur, Rabu (31/7/2024).

Membacakan sambutan tertulis Pj. Gubernur Papua Barat, Pj. Sekda Fonataba menekankan agar kedepannya jadi anak berguna bagi Tuhan, masyarakat dan masa depan. Hal itu perlu disadari menjadi penting karena pemerintah telah memprogramkan, sehingga kelak menjadi modal utama meraih cita-cita.

Disamping itu pendidikan tentu berperan penting dalam mengembangkan sumberdaya manusia untuk melaksanakan dan memajukan pembangunan suatu bangsa. Oleh sebab itu Mahasiswa/i program ADik ini diharapkan dapat berjuang untuk mengubah nasib bangsa Indonesia secara khusus di wilayah Papua Barat.

Tujuannya lain tentang pembekalan tersebut agar para calon penerima beasiswa dapat mengenal lebih dulu karakteristik suatu daerah.

“Pesan saya, menuntut ilmu dan menjalani hari-hari di negeri orang, tentunya akan jauh dari orang tua atau keluarga, akan sangat sulit sehingga diperlukan pengetahuan awal tentang suatu daerah, salah satunya dapat diperoleh dalam pembekalan. Saya berharap segala hasil yang diperoleh menjadi dasar seluruh mahasiswa/i menjalani kehidupan di tempat baru,” Ujarnya.

Kabid Pembinaan Ketenagaan Kependidikan dan Penyelenggara Tugas Pembantuan, Sudjanti Kamat,S.Sos.,M.Si melaporkan jumlah peserta pembekalan terdiri dari 167 mahasiswa yang lulus seleksi tahun 2024. Untuk pembekalan yang berlangsung hari ini diikuti 74 orang asal kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni dan Pegunungan Arfak.

Sedangkan 93 peserta lain mengikuti dari wilayah Kabupaten masing-masing yakni Kabupaten Teluk Wondama 28 peserta, Kabupaten Fakfak 42 peserta dan Kaimana 23 peserta.

Adapun hasil yang diharapkan sinergi dan kerjasama antara Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten dalam melaksanakan proses penerimaan sampai dengan pembekalan Program Afirmasi ADik. Berikutnya semua proses berkaitan Keberangkatan hingga tujuan berjalan dengan baik.

“Semua kelengkapan berkas-berkas mahasiswa harus disiapkan sehingga tidak menjadi kendala untuk proses pendanaan dari pusat. Anak-anak Papua yang berkuliah di luar daerah harus berhasil,” Terangnya.

Penulis : Givenly Frans

Foto : Rico Mailisa

Leave a Comment