Disperindag Papua Barat Gelar Bimtek Pembuatan Batik di Kabupaten Manokwari

MANOKWARI – Pemerintah Papua Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar Bimbingan Teknis Pembuatan Batik Tahun 2024. Bertempat di gedung Dekranasda, kegiatan dibuka resmi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekertariat Daerah (SETDA) Papua Barat, Melkias Werinusa., SE, MH. Selasa (23/7/2024).

Membacakan Sambutan tertulis Pj. Gubernur Papua Barat, Ia menyampaikan selamat datang kepada Instruktur serta peserta Bimtek. Selanjutnya mengungkapkan peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian indonesia, dengan jumlah mencapai 98% dari keseluruhan unit usaha.

Bimtek ini diharapkan para peserta dapat membuat produk kain yang Anggun, Indah, berkualitas baik dan dapat menarik minat pasar. Selain itu semoga semua materi yang di sampaikan dapat di pahami dengan baik untuk meningkatkan nilai jual dari produk kain batik tersebut.

“Semoga kegiatan pelaksanaan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi perkembangan IKM kerajinan di Papua Barat,” Ujarnya.

Ketua Panitia Kegiatan yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Industri Aneka Kerajinan sandang dan Fornitur, Rolan,SE Melaporkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam teknis pembuatan, khususnya batik tulis, batik cap dan ecopoprint. Disamping itu juga menciptakan industri kecil yang mampu bertumbuh dalam industri membatik.

“Peserta Bimtek dalam pembuatan batik di Kabupaten Manokwari berjumlah 20 orang berasal dari pelaku usaha terdir dari pengrajin wilayah bakaro, perwakilan Lembaga Permasayarakatan Perempuan Kelas III Manokwari, dan perwakilan dari Gereja GKI Dispora Angkasa Mulyono Amban,” terangnya.

untuk diketahui Narasumber Kegiatan Bimbingan Teknis Pembuatan Batik berasal dari Hijrah Kreatif Yogyakarta. Hadir Pada Kegiatan itu, Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat, Instruktur Bimtek, dan Para Undangan lainnya.

Penulis : Fauzan Nurlete

Editor : Givenly Frans

Leave a Comment