Pj. Gubernur Ali Baham dan Bupati Manokwari Resmi Membuka MTQ Ke-X Tingkat Papua Barat

MANOKWARI – Senin (1/7/2024), Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Provinsi Papua Barat akhirnya resmi dibuka Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. H. Ali Baham Temongmere,MTP bersama Bupati Manokwari, Hermus Indou didampingi Forkopimda. Event yang dijadwalkan berlangsung 1 hingga 4 Juli mendatang tersebut diikuti para kafilah dari 6 Kabupaten Se-Papua Barat, dipusatkan pada auditorium Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP).

Penjabat Gubernur Ali Baham Temongmere mengungkapkan kemajemukan dan pluralisme kehidupan yang beragam di Indonesia merupakan suatu keniscayaan. Oleh sebab itu hendaknya dijadikan alat perekat sekaligus memperkuat fondasi bangsa yang kian tangguh.

Selain itu wajib meningkatkan kerukunan, apalagi menjelang perhelatan Pemilukada, karena sesungguhnya perbedaan bukan sebuah alasan terpecah belah, melainkan ujian lebih matang dalam bersaudara.

Ditambahkan, MTQ Ke-10 merupakan wadah mempertemukan dan mepersatukan semua saudara yang berasal dari daerah di tanah leluhur Papua Barat. Disamping itu bertujuan memperkuat ukhuwah bashariya, ukhuwah wathoniyah, ukhuwah insaniah, sekaligus ajang silaturahmi dan unjuk potensi para kafilah.

“Saya yakin even keagamaan ini membuat kita semakin matang dari sisi kualitas maka kita harus hadir pada event sesuai tantangan, baru kita maju. Saya berpesan pada saudara-saudara beragama Islam tetap berpijak pada Al-Qur’an dan hadist dalam menjalankan kualitas kehidupan,” Terangnya.

Kakanwil Kemenag Papua Barat, Luksen Jems Mayor,S.Sos.,M.A.P mengatakan MTQ merupakan tradisi yang melekat dalam kultur masyarakat, khususnya umat muslim karena selain mempererat silaturahmi juga merevisi mental para peserta dan semua yang mendengar.

“MTQ bukan semata lomba seni membaca Al-Qur’an tetapi juga sebagai media siar Islam  penting dalam kehidupan masyarakat sebagai suatu transformasi pendidikan secara utuh,” Tambahnya.

Bupati Kabupaten Manokwari, Hermus Indou,S.IP.,MH menyebut sebagai tuan rumah merupakan amanah saat berlangsungnya MTQ di Kabupaten Sorong Selatan. Disamping itu menjadi suatu kepercayaan dan Kabupaten Manokwari menunaikan dengan tuntas untuk kejayaan dan kemajuan Papua Barat.

Pemerintah Kabupaten Manokwari memastikan dukungan pelaksanaan MTQ Ke-X dan mengalokasikan anggaran sebesar 1 Miliar Rupiah, sekira akan berlangsung dengan sebaiknya-baiknya.

“Umat Islam ada di Tanah Papua sebagai rumahnya sendiri dan hidup berdampingan dengan umat lainnya. Mari kita jadikan MTQ Ke-X sebagai sarana pendidikan untuk membangun wawasan dan kualitas iman dan ketaqwaan kepada TYE. Kita akan berhadapan dengan saudara kita pada tingkat nasional di Kalimantan Timur,” Ujarnya.

Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an, Drs. Musa Kamudi,M.Si membacakan sambutan tertulis Ketua LPTQ Papua Barat. Ia menjelaskan penyelenggaraan MTQ bukan semata menjadi wahana berlatih dan lomba membaca Al-Qur’an, tetapi jalan mengedukasi umat memberi motivasi dan membumikan Al-Qur’an.

MTQ Ke-X di Manokwari diikuti oleh 200 peserta dengan meliputi 9 cabang perlombaan.

“Kita semua berharap dan berdoa agar event MTQ Nasional Ke-XXX tahun 2024 pada bulan September di Kalimantan Timur, kafilah Papua Barat tampil maksimal memperoleh prestasi yang lebih baik, membawa harum nama Papua Barat ditingkat Nasional,” Serunya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment