Tutup Rakornis, Plt. Karo Kesra Papua Barat Tekankan Sejumlah Poin dan Dasar Inovasi Kolaborasi Pemanfaatan Teknologi

KAIMANA – Setelah berlangsung aman dan lancar, Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Papua Barat resmi ditutup Plt. Dirsia Natalia, SE.,MM. Terdapat beberapa poin penting yang menjadi penekanan yang tentunya bermuara pada komitmen mewujudkan pembangunan yang berkeadilan dalam semua aspek serta kesejahteraan masyarakat, Selasa (21/5/2024) malam.

Plt. Karo Kesra Setda Papua Barat mengungkapkan kegiatan ini juga sejalan dalam visi Pemerintah Papua Barat yang tertuang dalam RPJMD Periode 2017-2022 dan RPD 2023-2026 yaitu terwujudnya Papua Barat yang aman, sejahtera dan bermartabat. Disamping itu Rakornis merupakan implementasi dari visi tersebut yang secara substantif mewujudkan hal penting dalam pembangunan kesejahteraan di Papua Barat.

Poin pertama bertujuan mewujudkan kesetaraan dan keadilan pembangunan Kesra, yaitu kondisi dimana masyarakat menempati posisi yang wajar dan status yang setara dengan menonjolkan peran fungsi, tanggung jawab dan sinergi untuk mewujudkan secara penuh hak-hak asasinya serta mengoptimalkan pengembangan semua sektor kesejahteraan rakyat yang dibutuhkan

secara menyeluruh. Selanjutnya meningkatkan kualitas non pelayanan dasar yaitu upaya yang sistematis dan terencana yang bertujuan membangun kapasitas kemampuan dan kemandirian dalam semua sektor pembangunan Kesra.

“Meningkatkan bina mental spiritual di Papua Barat sebagimana yang telah diketahui bersama bahwa pelayanan BMS Provinsi Papua Barat dalam menyelenggarakan tugas pokok mempunyai fungsi menyusun program kerja, koordinasi pembinaan dan pengendalian serta menyiapkan sarpras berbagai lembaga keagamaan,” Ujarnya.

Ia menambahkan, diketahui Biro dan Bagian Kesra Setda Kabupaten Se-Papua Barat adalah OPD yang  memiliki tupoksi merumuskan bahan kebijakan teknis perencanaan strategis dibidang keagamaan, pendidikan, kesehatan, perempuan, ketenagakerjaan, kepemudaan serta bidang sosial.

Dirinya mengajak kita semua pihak untuk mendukung setiap keputusan rekomendasi hasil Rakornis yang akan menjadi dasar inovasi dan kolaborasi pemanfaatan teknologi aplikasi dalam rangka melaksanakan program Kesejahteraan Rakyat yang bersinergi dan terintegrasi secara baik di Papua Barat.

“Diharapkan dapat meningkatkan peningkatan peran fungsi biro dan bagian kesra kabupaten, maka Biro Kesra secara organisasi terus secara aktif dan nyata melaksanakan kesepahaman hasil Rakornis. Saya yakin dan percaya dengan sungguh-sungguh bahwa melalui rekomendasi akan mampu melaksanakan tupoksi sebagaimana diamanatkan dan mampu bersinergi dengan semua pihak yang menjadikan biro kesra Setda Papua Barat sebagai organisasi pemerintah yang religius, produktif dan mandiri dalam mengembangkan kesejahteraan rakyat di Papua Barat,” Urainya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment