BRIDA Papua Barat Kembali Gelar Kegiatan Mata Pena III Libatkan OPD juga Pelajar dan Mahasiswa

Manokwari – Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Papua Barat (BRIDA) menyelenggarakan Kegiatan Fasilitasi Belajar Konten Digital “Mata Pena Litbang Papua Barat” yang berlangsung pada Rabu (16/10/2024) hingga Kamis (17/10/2024) pada salah satu Hotel di Pasir Putih. Kegiatan ini melibatkan 35 orang peserta dari berbagai kalangan seperti dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Provinsi Papua Barat, Perwakilan BEM beberapa Universitas yang ada di Manokwari, juga Perwakilan dari OSIS SMA di Kabupaten Manokwari.

Hadir membuka kegiatan ini Kabid Sosial Pemerintahan Ir. Abdul Haviedz Fatamasya, M.Si. mewakili Kepala BRIDA Papua Barat, juga hadir sebagai Fasilitor Jurnalis Jubi Albert Yomu. Dalam kesempatan itu, Albert menyampaikan pentingnya Jurnalisme Warga yang dapat diterapkan oleh para peserta sebagai bentuk partisipasi aktif warga dalam penyampaian informasi dan berita,
“Awalnya tujuan Mata Pena ini diselenggarakan karena kami melihat di masa sekarang ini, banyak media Nasional memberitakan Papua itu dengan gambaran luarnya saja, kalaupun ada berita-berita tentang kemajuan Papua itu kebanyakan karena ada kerjasama Pemerintah dengan media. Kita disini sebagai masyarakat umum dapat berpartisipasi dalam pemberian informasi yang benar tentang keadaan Papua saat ini dengan membuat berita, baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk Video” ujar Albert.

Kegiatan Mata Pena Litbang kali ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan sejak tahun 2022 dengan tujuan untuk melatih kemampuan ASN dan generasi muda untuk dapat menulis berita yang baik juga membuat konten video yang kreatif dan inspiratif. Berita dan konten yang dihasilkan nantinya diharapkan dapat ditanyangkan melalui blog atau media sosial peserta. Dalam kegiatan di hari pertama, para peserta diajarkan tentang dasar-dasar penulisan dan diarahkan untuk melatih membuat tulisan dalam bentuk berita.

Salah seorang peserta dari Fakultas Kehutanan Unipa Endiandra B. Mambrasar berharap setelah mengikuti kegiatan ini dirinya dapat membuat berita dan juga membuat video berita yang baik,
“Saya sebelumnya belum pernah menulis berita, tapi kalau buat konten video jalan-jalan sudah sering. Saya berharap setelah kegiatan ini selama dua hari, materi-materinya dapat saya mengerti setelah itu saya sudah bisa buat berita seputar kegiatan kampus misalnya” singkat Endiandra.

Penulis : Maria Malir

Leave a Comment