Dukung Pengembangan Kelompok Seni, Biro Kesra Papua Barat Serahkan 60 Unit Sound System Menyasar 7 Kabupaten

MANOKWARI – Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Biro Kesejahteraan Rakyat simbolis menyerahkan puluhan peralatan musik bagi kelompok seni dan sanggar menyasar 7 kabupaten. Momentum istimewa tersebut menuai tanggapan positif para pelaku seni karena mendapat perhatian dalam rangka dukungan pengembangan kreativitas, Jumat (6/9/2024).

 

Membacakan sambutan tertulis Penjabat Gubernur Papua Barat, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Melkias Werinussa,SE.,MH menyatakan pemerintah memberikan dukungan penuh karena program ini merupakan upaya promosi keberagaman serta toleransi antar kelompok dan masyarakat pelaku seni. Selain itu warisan budaya yang kaya dan menarik menjadi daya tarik wisatawan menjadi modal besar berikan manfaat ekonomi.

Untuk diketahui bantuan tersebut direalisasikan melalui program fasilitasi Kesejahteraan Rakyat non pelayanan dasar, Biro Kesra Papua Barat. Asisten II menegaskan seni dalam arti luas berdampak meminimalisir konflik, sekaligus menyampaikan pesan perdamaian dan menguat rasa persatuan.

“Alat ini dimanfaatkan secara baik kemudian mereka bisa show ini menjadi daya dorong. Kami berharap juga kami punya seni budaya ini harus jaga dan wariskan, artinya harus terus membangun,” Ujarnya.

Kepala Sub Bagian Non Pelayanan Dasar I, Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Papua Barat, Markus Yawan,S.Sos menyampaikan peran seni juga mendukung pembangunan serta promosi keberagaman di Papua Barat. Selain itu potensi mempengaruhi pembangunan sosial dan ekonomi sehingga warisan budaya yang kaya memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Selanjutnya dilaporkan anggaran bersumber dari DPA Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Biro Kesra tahun 2024 dengan total bantuan sound system sebanyak 60 unit se-Papua Barat.

“Tujuannya menunjang kegiatan kelompok seni dan sanggar di Papua Barat. Berikut memberi dukungan kepada kelompok seni untuk berkarya, dorong promosi pembangunan dan Budaya Papua Barat,” Terangnya.

Saat menerima bantuan sound system para pimpinan pelaku seni juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP. Penyerahan juga dilakukan Plt. Karo Kesra, Dirsia Natalia,SE.,MM dan optimis pengembangan seni dapat meningkat demi kesejahteraan bersama.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment