Pj. Gubernur ABT Panen Hasil Kebun Percontohan Di Susweni

MANOKWARI-Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP, melakukan panen hasil kebun percontohan milik pemerintah pemerintah provinsi Papua Barat di kampung susweni distrik Manokwari Timur.

Kali ini panen dilakukan tepat pada salah satu kebun milik dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) provinsi Papua Barat. Turut mendampingi Pj. Gubernur, Plt. Kepala dinas PUPR, Najamudim Bennu.

“Dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, pada hari ini sabtu tanggal 23 agustus 2024, saya penjabat Gubernur, berada di kebun percontohan yang dikelola oleh dinas PUPR provinsi Papua Barat untuk memanen hasil kebun dari beberapa komoditas yang sudah ditanam sejak tiga bulan lalu dan telah memasuki masa panen”ucap Pj. Gubernur ABT.

Dikesempatan itu, Pj. Gubernur ABT, mengungkapkan, bahwa hal ini sejalan dengan semangat dalam proses menekan tingginya angka inflasi di Papua Barat melalui program diversifikasi pangan yaitu bangga menanam, bangga memanen, bangga menjual, bangga membeli, bangga memasak dan bangga memakan ( 5B ).

“Hari ini kita panen beberapa komoditas di antaranya sayur gambas, sayur pari welut dan sayur kangkung. Hal ini sejalan dengan upaya kita dalam semangat diversifikasi pangan dalam menekan tingginya angka inflasi yaitu bangga menanam, bangga memanen, bangga menjual, bangga membeli, bangga memasak dan bangga memakan ( 5B ),”imbuhnya.

Ia pun berharap hasil yang hendak di panen dapat disalurkan ke toko inflasi milik pemerintah prrovinsi Papua Barat yang berada di pasar dalam kota Manokwari, guna mengendalikan harga pasar. Selain itu hasil kebun juga dapat diberikan ke masyarakat.

“Saya berharap hasil dari kebun ini nantinya bisa dibawa ke toko inflasi untuk dapat mengendalikan harga di pasar, tapi juga sebagian bisa dibagikan ke masyarakat,”tandasnya.

Dikebun ini, beberapa komoditas tanaman yang terlihat seperti kangkung cabut, gambas, sayur pare, kacang panjang, tomat, cabe dan jagung.

Tidak hanya memanen, hasilnya pun langsung dicicipi oleh Pj. Gubernur, setelah masakan pangan lokal, mulai dari sayur, pisang, ubi jalar dan jagung olahan beberapa staf dinas tersebut tersaji.

Penulis : Simon Patiran.

Leave a Comment