Bantu Cegah Stunting, Dinas Ketahanan Pangan Papua Barat Bagikan Jus Buah dan Sayur di Posyandu

Manokwari – Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Papua Barat melalui Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pangan B2SA pada dua (2) Posyandu, diantaranya Posyandu Sanggeng 2 dan Posyandu Garuda 2 pada Kamis (22/08/2024).

Terpantau hadir dalam kegiatan tersebut, Otto Parorongan Ass III Setda Papua Barat mewakili Pj. Gubernur, Kepala Puskesmas Sanggeng Manokwari, juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan Papua Barat. Selain itu turut hadir Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat dan Ketua DWP Papua Barat.

Pembagian jus buah dan sayur merupakan salah satu strategi Pemerintah menumbuhkan kesadaran akan pentingnya mengonsumsi buah dan sayur dengan tujuan untuk mencegah meningkatnya jumlah anak stunting di Papua Barat mengingat mengonsumsi buah dan sayur secara teratur dapat memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang baik.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan, Yunita Ivanna Abba, SP selaku Ketua Panitia menyampaikan sebanyak 200 anak dari dua posyandu menjadi target pembagian jus buah dan sayur pada siang itu.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program pemerintah terkait intervensi stunting di Papua Barat. Dari kegiatan ini kami berharap bahwa orang tua dan anak dapat lebih sadar dan mengerti tentang pentingnya nutrisi bagi ibu dan anak. Mengingat buah dan sayur terdapat banyak nutrisi dan vitamin yang dapat mengotimalkan tumbuh kembang anak” jelas Yunita.

Dijelaskan Yunita bahwa pemilihan dua posyandu yakni Posyandu Sanggeng 2 dan Posyandu Garuda 2 berdasarkan data bahwa di dalamnya terdapat anak stunting dengan jumlah yang lebih banyak dibanding posyandu lainnya.

ji

“Pemilihan posyandu Garuda 2 dan Posyandu Sanggeng 2 itu kami mengambil dari posyandu yang di dalamnya terdapat anak-anak stunting yang banyak. Karena kegiatan ini mengarah pada pencegahan stunting sehingga harus tepat sasaran. Pemilihan posyandu tersebut melalui data puskesmas yang ada di Kabupaten Manokwari” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kegiatan Pembagian Buah dan Sayur akan kembali dilaksanakan untuk empat Posyandu lainnya di Kabupaten Manokwari.

Penulis : Maria Malir

Leave a Comment