Spesial HUT RI Ke-79, Presiden Jokowi Hadirkan IKN, Pj. Gubernur ABT Cetak Rekor Bendera Merah Putih Terpanjang di Dunia

MANOKWARI – Hadiah besar bagi bangsa Indonesia pada HUT Ke-79 berupa Ibukota Nusantara dalam masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo bagi generasi, menuju Indonesia Emas 2045 menjadi kebanggaan bersama. Jelang Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Provinsi Papua Barat juga memberikan persembahan spesial dengan sukses mencetak sejarah pembentangan Bendera Merah Putih terpanjang di Dunia mencapai 12,77 Kilometer, Rabu (14/8/2024).

Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP secara tegas menyatakan kehadiran IKN mencerminkan simbol kebangsaan yang patut disyukuri sebagai putra-putri penjaga setia kebhinekaan. Tonggak sejarah yang menjadi warisan masa depan itu harus dibarengi spirit maju bersama melalui Gerakan Indonesia Raya.

Pernyataan tersebut diungkapkan dalam arahan saat upacara memperingati Hari Pramuka Ke-63. Ia juga menyampaikan apresiasi atas keterlibatan aktif Gerakan Pramuka Papua Barat atas kolaborasi bersama organisasi perangkat daerah, Forkopimda serta masyarakat mensukseskan pemecahan rekor Dunia tersebut.

“Medali ini saya pakai tetapi mewakili kita semua, hasil kerja kita semua. Akhirnya hari ini dicatat dalam MURI sebagai daerah yang membentang bendera Merah Putih terpanjang di Dunia,” Ujarnya.

Ia menegaskan, melalui bentangan Merah Putih terpanjang di Dunia dari Papua Barat memberi pesan, apapun tantangannya semua pihak siap menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Aceh saja bukan Indonesia, Jawa, Sumatera, Sulawesi saja bukan Indonesia. Negara Indonesia yang lahir 17 Agustus 1945 adalah dari Sabang sampai Merauke. Karena itu semua harus punya gerakan bersama, gerakan Indonesia Raya, gerakan membangun jiwanya, membangun badannya,” Urainya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment