Ka.Kwarda Papua Barat Pimpin Ziarah di Taman Makam Pahlawan Peringati HUT Pramuka Ke-63

MANOKWARI – Jelang puncak peringatan Hari Pramuka Ke-63 Tahun yang diperingati setiap 14 Agustus, Jajaran Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Papua Barat melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan. Upacara dipimpin langsung Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Papua Barat, Mohamad Lakotani,SH.,M.Si, Selasa (13/8/2024).

Pantauan media Diskominfo Papua Barat, upacara juga dihadiri para Andalan Daerah, Kwarcab Manokwari dan ratusan personil gugus depan. Selain itu Inspektur Upacara, Mohamad Lakotani,SH.,M.Si mengajak para peserta menundukkan kepala untuk mengheningkan cipta bersama, menghormati jasa arwah para pahlawan. Ia kemudian meletakan karangan bunga dan berikan penghormatan.

Prosesi penaburan bunga oleh Ka.Kwarda dan Andalan Daerah diawali dari makam (Alm). Brigjen TNI (Purn) Abraham O. Atururi, dan beberapa pahlawan lainnya. Kemudian beranjak ke Taman Makam Bahagia untuk penaburan bunga kepada makam (Alm) Drs. Abdul Rachim Katjong, (Almh) Julieta Dias Ximenes, (Alm) Jimmy Demianus Ijie, dan makam (Alm) Demas Paulus Mandacan.

Dijelaskan Ka.Kwarda, selain ziarah makam sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pramuka Ke-63 telah berlangsung sebelumnya, meliputi penanaman mangrove dan kegiatan sosial lingkup Kwarda dengan menyentuh masyarakat. Diinformasikan pada besok hari bakal digelar apel besar berlokasi di Kantor Kwarda Pramuka Papua Barat, Arowi, usai pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 13.270 meter yang digelar Pemprov Papua Barat.

“Kami berharap kegiatan sosial dapat berikan kontribusi kepada masyarakat disekitar Kwarda Papua Barat. Kami berharap nanti yang akan bertindak sebagai inspektur upacara Bapak Gubernur dan akan memberikan arahan kepada semua komponen gerak Pramuka di Papua Barat,” Ujarnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment