Pameran UMKM Berlangsung Meriah, Pj. Sekda Papua Barat Tegaskan Pentingnya Mencintai Produk Lokal

MANOKWARI – Senin (12/8/2024), Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Koperasi dan UKM menggelar pameran melibatkan sebanyak 30 pelaku UMKM. Mengusung tema “UMKM Berprestasi Ciptakan Kolaborasi, Bersama Kita Wujudkan Roda Ekonomi Menjadi Tangguh, Kreatif dan Inovatif di Papua Barat”, kegiatan juga terlaksana dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 dan Hari nasional UMKM Ke-8 tahun 2024.

Membacakan sambutan tertulis Pj. Gubernur Papua Barat, Pj. Sekda Dr. Ir. Yakop S. Fonataba,M.Si menyatakan UMKM merupakan  tonggak berdirinya ekonomi rakyat sehingga melalui peran semua pihak mengembangkan dan memberdayakan serta menciptakan iklim usaha yang kondusif. Disamping itu sebagai wujud mencintai produk lokal Papua Barat dan menjadikan sebagai ajang promosi, daya tarik, membuka peluang bagi setiap pelaku UMKM yang inovatif, modern, mengikuti trend tanpa meninggalkan nilai-nilai budaya.

“Saya mengajak dan menghimbau kepada seluruh tamu undangan, ASN dan masyarakat Manokwari bersama-sama menghargai produk lokal dengan berpartisipasi membeli produk yang telah disediakan. Kalau bukan kita yang membeli produk dan hasil para pelaku UMKM siapa lagi,” Jelasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Papua Barat, Drs. Enos Aronggear,MM melaporkan pelaksanaan kegiatan tersebut dijadwalkan selama dua hari, 12 hingga 13 Agustus 2024 berlokasi pada areal lapangan voli kantor Gubernur, Arfai. Selanjutnya mengungkapkan tujuannya memberikan dukungan kepada pelaku UMKM untuk tetap bersemangat dalam tumbuh kembang.

Selanjutnya mendorong UMKM dalam menumbuhkan kreativitas, meningkatkan daya saing, nilai tambah hasil produksi dan pemasaran produknya. Berikut, memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kekayaan produk lokal dan mencintai produk dalam negeri. Poin terakhir, ia berharap sekira meningkatkan kepedulian dan minat belanja masyarakat terhadap produk UMKM terutama UMKM rumah tangga.

Kegiatan pameran juga menyasar secara khusus kepada pelaku UMKM agar bisa bertahan dan mengembangkan usahanya dan secara umum kepada masyarakat luas mencintai produk UMKM.

“Keluaran yang diharapkan pada kegiatan ini adalah semakin meningkatnya omset pendapatan dari pelaku UMKM di Manokwari,” Terangnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment