Pj. Gubernur ABT Dan Isteri Berkunjung Ke Mansel, Ratusan Paket Sembako Tersalurkan Ke Masyarakat

MANOKWARI SELATAN-Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP, melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Manokwari Selatan mendampingi Pj. Ketua TP PKK provinsi Papua Barat, Ny. Siti Mardiana Temongmere, SE, ratusan paket bantuan sembako tersalurkan bagi masyarakat

Kunjungan kali ini, tepat pada kampung Waroser distrik Oransbari yang menjadi titik bakal kampung keluarga sehat tangguh dan tanggap bencana 2024.

Diketahui kunjungan ini dalam rangka pembinaan manajemen usaha toko, pelatihan bubuk cabe dan pencanangan kampung Waroser, sebagai kampung keluarga sehat tangguh dan tanggap bencana tahun 2024.

Dimana pada kampung tersebut bertepatan dengan dilaksanakannya posyandu lansia oleh puskesmas setempat, sekaligus mendapat suguhan paket bantuan sembako yang diserahkan simbolis oleh Pj. Gubernur dan ketua TP PKK Papua Barat serta Asisten III setda Papua Barat dan Kabinda Papua Barat.

Pj. Gubernur ABT, di kesempatan itu, sesuai tema pada kegiatan dimaksud, memandang penting keluarga tangguh, sehat dan tanggap darurat. Terutama kepada para lansia yang hadir, sepatutnya menjadi harapan bagi anak cucu meski telah memasuki usia senja.

“Sehat itu menjadi penting untuk menikmati kehidupan. Memang tentu ada batasnya, sehingga selama nafas masih ada semua harus berjuang untuk sehat. Usia bukan berarti kita pasrah dan tidak memiliki harapan, akan tetapi pola makan yang sehat, pikiran yang sehat akan membawa, mensyukuri nikmat Tuhan, bangga dengan prestasi-prestasi yang sudah didapat, itu menjadi kekuatan dan semangat,”sebur Pj. Gubernur ABT.

Menyangkut dengan keluarga yang sehat dan tangguh, menurut Pj. Gubernur keluarga yang sehat dan memikili pengetahuan mitigasi dalam menghadapi kondisi perubahan alam. Hal ini terutama dalam memproteksi kondisi alam mengantisipasi munculnya bahaya bencana alam.

“Anak-anak yang sehat dan tangguh, serta masyarakat yang memiliki pengetahuan tentang alam dan lingkungan itu sangat penting,”ujar Pj. Gubernur ABT.

Hal senada juga disampaikan Pj. Ketua TP PKK, Ny. Hj. Siti Mardiana Temongmere, SE. Pihaknya mengaku akan peran penting pemerintah distrik, pemerintah kampung, puskesmas dan kader posyandu termasuk kader PKK dalam memberikan pembinaan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami mohon kepada kepala distrik, kepala puskesmas dan bapak ibu kader posyandu dalam pembinaan dan pendampingan keshatan kepada kampung tanggap bencana,”ungkap Pj. Ketua TP PKK, Ny. Siti Mardiana.

Hadir mendampingi Pj. Gubernur dalam kunjungan, Asisten III Setda Papua Barat, Otto Parorongan, Kabinda Papua Barat, Mayjen TNI. Daru Cahyono. Sedangkan mendampingi Ketua TP PKK adalah para pengurus TP PKK Papua Barat.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment