Dinas Pendidikan Papua Barat Gelar Rakornis 2024, Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar

MANOKWARI – Pemerintah Papua Barat melalui Dinas Pendidikan menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) tahun 2024. Kegiatan yang dibuka resmi Pj. Sekda Papua Barat, Dr. Ir. Yakop S. Fonataba,M.Si mengusung tema sentral “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar.” Senin (15/7/2024) malam.

Membacakan sambutan tertulis Pj. Gubernur Papua Barat, Pj. Sekda Fonataba menjabarkan kegiatan tersebut menjadi penting serta komitmen agar tahapan perencanaan, pelaksanaan/evaluasi program antara urusan Pemprov dan kabupaten selalu bersinergi.

Disamping itu pendidikan memiliki peran yang sentral serta strategis dalam upaya memacukan pembangunan nasional untuk mencapai bangsa yang cerdas, maju dan mandiri serta beradab. Pendidikan juga merupakan garda terdepan bagi suatu bangsa untuk menciptakan SDM berkualitas dalam memaknai era persaingan.

“Rakornis ini merupakan wadah bagi pemangku kepentingan pendidikan di provinsi Papua Barat termasuk organisasi mitra sosial untuk saling membagi informasi dan kolaborasi terkait dengan perencanaan pendidikan yang baik sampai menghasilkan produk SDM baik di provinsi Papua Barat,” Ujarnya.

Ketua Panitia kegiatan yang sehari-hari menjabat sebagai Sekertaris, Rustam, M.Pd melaporkan Rakornis dijadwalkan berlangsung selama tiga hari dan diharapkan outputnya menjabarkan setiap materi melalui narasumber di daerah masing-masing.

Adapun tujuan kegiatan yakni untuk mewujudkan sumber daya manusia Papua Barat yang handal melalui sinkronisasi program pendidikan, memberikan pemahaman tentang program kerja Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat kedepannya dan membahas dan menyusun serta menyepakati program kerja untuk tahun-tahun berikutnya.

“Peserta Rakornis terdiri atas 70 orang terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan Se-provinsi Papua Barat, Kepala Sub Bagian Perencanaan Dinas Pendidikan Se-provinsi Papua Barat, Ketua-ketua MKKS, PGRI, IGI Papua Barat, Utusan SMA Taruna Kasuari, SMA Keberbakatan Olaharaga dan Sekolah Luar Biasa serta staf pada Dinas Pendidikan Provinsi Papua barat,” Terangnya.

Untuk diketahui narasumber kegiatan Rakornis ini berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Kementerian Dalam Negeri RI, Badan Kepegawaian Negara Regional XIV, Balai Guru Penggerak, Bappeda Provinsi Papua Barat, BPKAD Provinsi Papua Barat, Universitas Papua serta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat.

Penulis : Rico Mailisa

Leave a Comment