Rakornis Biro Kesra Papua Barat 2024, Pj. Gubernur Ingatkan Kolaborasi Pengelolaan Terintegrasi

KAIMANA – Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Biro Kesejahteraan Rakyat menggelar rapat koordinasi teknis tahun 2024. Momen penting tersebut mengusung tema sentral meningkatkan integrasi yang bersinergi antara Biro Kesra Provinsi dan Bagian Kesra Se-Papua Barat, Selasa (21/5/2024) dipusatkan pada gedung pertemuan Krooy.

Membacakan sambutan tertulis Pj. Gubernur, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP, Pejabat Fungsional Pengawas Penyelenggaraan urusan Pemerintah Daerah (PPUPD) di lingkungan pemerintah provinsi Papua Barat, Dr. Nataniel D. Mandacan,M.Si menyambut baik serta mengapresiasi kegiatan tersebut, karena seyogianya merupakan hal penting dalam pengelolaan kesejahteraan yang terintegrasi. Disamping itu sebagai sarana kolaborasi semua kabupaten agar berdampak terhadap pembangunan di Papua Barat.

“Berbagai permasalahan dalam pengambilan kebijakan karena perumusan yang mempengaruhi. Untuk itu penting bagi kita untuk duduk bersama dari berbagai komponen tergabung dalam satu harmonisasi untuk tercipta berbagai kebijakan yang bernilai,” Ujarnya.

Ia menambahkan, diketahui Biro dan bagian Kesejahteraan Rakyat memiliki tugas dan fungsi merumuskan bahan kebijakan teknis, perencanaan strategis bidang keagamaan, pendidikan, kebudayaan, kepemudaan dan olahraga. Selanjutnya tidak terpisahkan bagian kesra meliputi pembinaan keagamaan dan mental spiritual.

“Membuka diri merupakan hal baik, mengingat era perkembangan yang pesat hari ini masih merasakan industri 4.0 dan menuju era society 5.0. dengan mengutamakan integrasi untuk menyeimbangkan solusi kemajuan antara dunia maya dan fisik. Berinovasi dan mengasah semua potensi talenta yang Tuhan berikan,” Terangnya.

Wakil Bupati Kabupaten Kaimana, Hasbullah Furuada menyampaikan ucapan selamat datang atas nama pemerintah dan masyarakat. Ia berharap kedepannya banyak kolaborasi program kegiatan Provinsi bakal digelar kembali di Kota seribu satu senja.

“Selamat mengikuti kegiatan ini semoga Tuhan yang maha kuasa berikan keberkahan bagi negeri ini. Hadir disini sekaligus menyaksikan keramahtamahan orang-orang Kaimana, kalau yang kurang sampaikan ke kami, kalau kelebihan tolong bagikan ke banyak orang agar bisa datang di Kaimana,” Harapnya.

Ketua Panitia, Marthina Buiney,SH melaporkan jumlah peserta yang mengikuti Rakornis sebanyak 51 orang, gabungan dari Biro Kesra Provinsi dan Kabupaten. Salah satu tujuan kegiatan ini yakni kolaborasi bersama terkait peran serta bagian Kesra setda kabupaten terhadap implementasi inovasi berbasis digital pada Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Papua Barat.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment