Pj. Gubernur Waterpauw Tindaklanjut Arahan Mendagri, Ciri Khas Daerah Segera Muncul di Anjungan Papua Barat TMII

JAKARTA – Penjabat Gubernur Papua, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw,M.Si meninjau kondisi “Anjungan Provinsi Papua Barat” yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah. Dirinya turut didampingi Asisten III, Kepala BPKAD, Kepala Biro Otsus, Plt. Kepala Biro Hukum, Anggota DPR Papua Barat dan Kaban Penghubung, Rabu (20/7/2022).

Dijelaskan Pj. Gubernur Waterpauw kehadiran dirinya sekaligus menjalankan amanah Menteri Dalam Negeri dan Menteri Sekertariat Negara Republik Indonesia. Pasalnya saat dikunjungi langsung oleh Mendagri beberapa waktu lalu terdapat kerusakan ringan dan hal lain yang menjadi perhatian.

“Kita hadir disini untuk mengecek langsung sesuai hasil arahan bapak Mendagri dan Menteri Sekertariat Negara yang beberapa hari lalu beliau-beliau meninjau anjungan dari daerah masing-masing. Kebetulan beliau cek langsung dan disini ternyata ada beberapa kerusakan tapi ringan dan kemudian juga ada beberapa hal yang kami lihat namun ada upaya untuk ornamen ini jadi ciri khasnya provinsi Papua Barat,” Jelas Pj. Gubernur Papua Barat.

Ditambahkan Pj. Gubernur Waterpauw, pihaknya telah membangun koordinasi berkaitan dengan rencana pengembangan Anjungan Papua Barat dimaksudkan. Selain itu sambungnya, setelah rancangan disepakati maka proses akan berjalan.

“Kami sedang diskusikan nanti. Kemudian bersama dengan dinas PU kita coba rancang dalam bentuk rencana, gambarnya seperti apa dan kita sepakati dulu sebelum membangun bersama. Itu kira-kira, sore ini kita sudah tiba langsung disini,” Tambahnya.

Selain itu Pj. Gubernur Papua Barat memiliki konsep agar pemanfaatan lokasi tersebut dapat tertata dengan baik, sekaligus menampilkan ciri Khas Papua Barat. Hal tersebut dinilai penting karena Papua Barat memiliki banyak kekayaan yang perlu ditampilkan.

“Saya melihat ada juga ruang lain yang bisa kita manfaatkan untuk menampilkan ciri khas, atau budaya dari Papua Barat. Artinya bahwa banyak kekayaan kita yang perlu kita expose disini. Ini bagian penting,” Tegas Waterpauw.

“Kami prinsipnya proaktif dan kita menterjemahkan semua arahan untuk jadi kebijakan nanti dibahas bersama.
” Terangnya.

Pj. Gubernur Papua Barat berharap rancangan yang akan melalui tahapan koordinasi sekira dapat menjawab arahan serta harapan pimpinan. Disamping itu berkaitan dengan anggaran menjadi poin penting merealisasikan rencana dimaksud.

“Ini tentu tidak bisa kita lakukan secara total karena masalah anggaran dan waktu tapi juga kami akan siasatinya mengupayakan beberapa bagian yang saya lihat disini ada teras ya. bentuk ornamen yang ciri khas Papua Barat, mudah-mudahan itu bisa kita jawab dalam waktu cepat,” Harapnya. [kpb_01]

Leave a Comment