Kadiv Imigrasi Nyatakan Tahun Berjalan 2022 Pembuatan Pasport Meningkat
MANOKWARI – Kanwil Kemenkumham Papua Barat, malalui divisi Keimigrasian merupakan salah satu dari sejumlah instansi vertikal yang terlibat dalam Expo Pelayanan Publik, digagas oleh Ombudsman Republik Indonesia Kantor Perwakilan Papua Barat.
Kepala divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua Barat, Victor Manurung saat dijumpai sejumlah awak media mengatakan, partisipasi masyarakat dalam mengurus paspor baru meningkat dalam tahun berjalan 2022 ini. Akan tetapi dikabarkan pelayanan pula pasport menurun semenjak munculnya pandemi covid 19.
“Sekarang ini ada peningkatan tahun 2022 lebih dari Tahun 2021. Kalau soal jumlah ada data statistiknya di kantor,tapi yang jelas angkanya menurun sejak pandemi covid 19. Apalagi di tahun 2021 beberapa Negara menutup pintu untuk berwisata ke datang Negaranya,” Beber Manurung.
Lebih lanjut kata Kadiv Imigrasi, selain pelayan e-paspor pada kantor imigrasi untuk meningkatkan pelayanan masyarakat secara mudah, Kanwil Kemenkumham Papua Barat terjun langsung ke lapangan secara keliling. Yang mana pelayanan tersebut, petugas menyambangi perusahaan-perusahaan maupun perumahan-perumahan yang menyurat untuk permohonan pelayanan pembuatan paspor.
“Kita tetap melakukan pelayanan jemput bola, namanya pelayanan eazy paspor. Jika ada surat masuk untuk pembuatan paspor dari perusahaan swasta atau perumahan, kita datang tanpa ada pemungutan biaya,”Tambahnya.
Apresiasi disampaikan atas pelayanan publik yang terselenggara, dimana menurutnya, Kanwil Kemenkumham melalui divisi Keimigrasian telah melakukan sesuai tupoksi di setiap Kabupaten/Kota pada tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan.
“Kita mengapresiasi kegiatan ini. Kita sudah lakukan kegiatan ini dibeberapa kabupaten kota. Jadi Kementerian Hukum dan Ham sudah melakukan itu,” Tutup Manurung. [kpb_04]