Pj. Gubernur Waterpauw Buka Forum OPD RKPD Provinsi Papua Barat Tahun 2024

Manokwari, (17/04/2023) Pj. Gubernur Papua Barat Komjen pol (purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si membuka Forum Oganisasi Perangkat Daerah Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat Tahun 2024 pada salah satu hotel di Manokwari.

Diawal sambutannya Waterpauw meminta para pimpinan OPD untuk dapat memperkuat sinkronisasi antara kebijakan Negara, Provinsi, juga kabupaten yang ada,
“Saya berharap bapak/ibu berpikirlah yang efisien, efektif, serta juga akuntabel. Sekaligus kita perkuat sinkronisasi diantara kebijakan-kebijakan yang akan dibuat. Saya mau ingatkan agar kita tidak membuat perencanaan yang diawan-awan saja, tetapi masyarakat tidak tersentuh” ujar Waterpauw.

Dikatakan Pj. Gubernur Papua Barat bahwa pembahasan dalam forum tersebut harus juga mengangkat terkait penanganan stunting dan penurunan kemiskinan sesuai arahan RI 1,
“Hari ini pemerintah, Bapak Presiden menginginkan ada penanganan stunting dan kemiskinan daerah itu bisa diangka 12% di tahun 2024” pungkasnya.

Forum OPD adalah tahapan perencanaan dalam sebuah pembangunan sebagaimana amanat dari UU No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan juga Peraturan Mendagri No. 84 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengembalian, dan evaluasi pembangunan daerah jangka panjang dan jangka pendek juga rencana kerja pemerintah daerah. Sehingga kegiatan ini merupakan salah satu instrumen penting dalam proses penyusunan RKPD Provinsi Papua Barat tahun 2024.

Melkias Werinussa selaku Plt. Kepala Bappeda Provinsi Papua Barat dalam kesempatan itu menyampaikan pentingnya dilaksanakan Forum OPD RKPD ini karena merupakan media utama bagi OPD untuk menyepakati program kegiatan yang akan berlangsung di Papua Barat pada tahun 2024 mendatang,
“Forum OPD RKPD 2024 adalah salah satu agenda perencanaan pembangunan daerah di Provinsi Papua abarat yang merupakan media utama bagi seluruh OPD untuk menyepakati program dan kegiatan daerah serta koordinasi kebijakan pada tahun 2024” ujar Werinussa.

Forum OPD RKPD Papua Barat Tahun 2024 ini akan berlangsung selama dua (2) hari sejak mulai 17-18 April 2023.

Penulis : Maria Malir

Leave a Comment