Pj. Gubernur Waterpauw Titip 5 Program Prioritas Daerah Dalam Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2024

Manokwari-Forum Konstultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat tahun 2024. Berlangsung pada salah satu hotel dalam kota Manokwari kamis ( 13-14/04/2023 ), Kegiatan yang diprakarsai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( Bappeda ) Papua Barat ini, mengusung tema, Pertumbuhan ekonomi Inklusif dan berkelanjutan yang didukung oleh penguatan daya saing sumber daya manusia ( SDM ).

Aasisten II bidang ekonomi dan pembangunan setda Papua Barat, Melkias Werinussa, dalam menbacakan sambutan Penjabat gubernur Papua Barat, memandang penting forum konsultasi publik ini, karena merupakan bagian dari tahapan perencenaan pembangunan berdasarkan amanat peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017, yang dimaksudkan untuk menjaring aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan terhadap program pembangunan daerah tahun 2024.

Dalam sambutan tertulisnya, Pj. gubernur juga mengemukakan lima prioritas daerah, yaitu peningkatan kualitas hidup dan kualitas SDM, peningkatan tata kelola pemerintahan untuk mendukung kualitas pelayanan publik, peningkatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, percepatan penurunan kemiskinan ekstrim dan percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan konektifitas.

“Lima prioritas daerah ini, selanjutnya harus didukung oleh program dan kegiatan perangkat daerah melalui penetapan program dan kegiatan perangkat daerah menurut pembagian urusan wajib dan urusan pilihan serta urusan penunjang,”. Jelas Asisten II, Melkias Werinussa, dalam Sambutan tertulis Pj. Gubernur.

Selain itu, dalam sambutan tertulisnya, penjabat Gubernur juga menyoroti tantangan pembangunan daerah yang hingga saat ini belum tuntas, yaitu pertumbuhan ekonomi yang masih sangat rendah, inflasi yang tinggi, indeks pembangunan manusia yang di bawah rata-rata nasional, tingginya tingkat ketimpangan pendapatan, tingginya presentasi tingkat kemiskinan, tingginya tingkat pengangguran terbuka serta indeks kesenjangan wilayah.

“Beberapa tantangan ini menjadi tugas kita bersama untuk memperbaiki capaian kinerja di berbagai pembangunan secara lebih efektif dan efisien di tahun 2024. Pada kesempatan yang sangat baik ini, saya minta kepada seluruh lapisan masyarakat dan unsur kelembagaan yang hadir untuk memberikan saran dan masukan penyempurnaan yang positif dan konstruktif bagi penyusunan rencana awal RKPD Papua Barat tahun 2024,”tandas Melkias Werinussa, mengkhiri sambutan Pj. Gubernur, kemudian membuka kegiatan ini.

Diharapkan hasil perencenaan tahun 2024 ini dapat lebih fokus dan urgen menangani isu-isu trategis daerah.

Hadir dalam kegiatan forum konsultasi publik ini, Plt. kepala Bapeda Papua Barat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan pihak akademisi, LSM, serta tamu undangan lainnya.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment