55 Perserta UMKM Onboarding Untuk Gernas BBI Mei Mendatang, Berikut Selengkapnya

Manokwari-Pemerintah Provinsi Papua Barat, tengah mempersiahkan pelaksanaan kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ( Gernas BBI ) tingkat Provinsi Papua Barat tahun 2023. Rencana kegiatan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan usaha mikro, kecil dan menengah termasuk industri kecil, yang telah diluncurkan pada 14 mei 2020 lalu. Untuk itu, Pemprov Papua Barat membahasnya dalam rapat, yang melibatkan pihak Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat, guna menyusun langkah-langkah teknis yang direncankan berlangsung pada mei mendatang di kabupaten Kaimana.

Penjabat Sekda Papua Barat, Dance Sangkek, SH, MH, saat memimpin rapat ini meminta berbagai pihak yang terlibat baik OPD maupun Perwakilan BI Papua Barat, untuk dapat mempersiapkan berbagai hal teknis terkait persiapan pelaksanaan kegiatan Gernas BBI tersebut, terutama pengembangan ekonomi kreatif. Selaku ketua umum pelakanaan Gernas BBI, Pj. Sekda juga memerintahkan agar OPD yang terlibat untuk mengindentifikasi 55 UMKM yang sudah siap, serta persiapan unit koordinasi fungsional teknis pemerintah daerah. Selain itu, pihaknya Juga meminta, agar ada pembedahan anggaran untuk membiayai kegiatan tersebut secara fungsional, guna mencari solusi terbaik.

“Kita harus pergunakan sisah waktu ini secara baik, untuk mempersiapkan hal-hal teknis. Contohnya kita harus persiapkan kick off, kegiatan pasar murah di Manokwari. Kita harus memenuhi pion-pion target seperti E-Catalog yang di kasih pusat untuk kita daerah. Kita harus rapat terus untuk mempersiapkan berbagai hal teknis, sehingga acara ini berbobot, gemahnya dapat menjangkau daerah-daerah secara meluas dan mendapat partisipiasi masyarakat, dan lembaga-lembag. Oleh karena itu kita kerja harus lebih ekstra.

“Kemudian hal yang berikut kerjasama antar daerah dalam berbagai bidang, ini perlu kita bicarakan untuk nantinya kita lakukan M-O-U dalam puncak kegiatan nanti,”tambah Pj. Sekda Papua Barat, dalam rapat yang berlang di ruang ruang kerjanya, Selasa ( 11/04/ 2023 ).

Selaku Pengarah dalam struktur panitia Gernas BBI Papua Barat, kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat, Rommy Sariu Tamawiwy, mengajak semua pihak untuk mempersiapkan kerjasama dengan pihak UMKM maupun investor guna mendukung ekonomi kreatif.

“Waktunya demikian sempit, sehingga mari kita berpikir bagaimana untuk mempersiapkan berbagai langkah dan kerjasama dengan pihak-pihak investor yang nantinya dirangakai dalam kegitan ini, terutama kegiatan ekonomi kita, baik dari sisi pariwisata maupun kegiatan-kegiatan usaha UMKM,”ujar Kepala Perwakilan BI Papua Barat, Rommy.

Selaku ketua koordinator publikasi dan dokumentasi, kepala dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Papua Barat, Frans Pieter Istia, S.Sos,. MM., mengatakan, terkait dengan kick off nantinya diadakan, pihaknya juga telah dan sedang mempersiapkan berbagai visualisasi, salah satunya melakukan koordinasi dengan pihak dinas terkait di Kbaupten Kaimana, dalam semangat mempromosikan destinasi wisata Teluk Triton, guna mendukung kegiatan Gernas BBI tersebut.

“Perlu kita persiapkan gambar udara lokasi potensi wisata Teluk Triton, saya komunikasi dengan pihak dinas Pariwisata. Kalau untuk gambar datar kita punya, tapi gambar udara kita tidak punya, oleh karena itu saya sudah komunikasi dengan dinas Kominfo Kaimana, dan katanya sudah ada gambarnya di pak kepala dinas Perikanan Papua Barat, gambar ini kita butuh untuk diedit kemudian dipadukan antar gambar udara, gambar darat dan dubingan suara untuk ditampilkan nanti,”Jelas Kadis Kominfo Perstatik, Frans Pieter Istia, S.Sos,. MM.

Sementara itu, Deputi kepala Perwakilan BI Papua Barat, James Lumbantobing, mengatakan, sesuai dengan target 95 persen belanja pemerintah daerah untuk produk dalam negeri, maka pihak BI juga hendak melakukan inventarisir dalam kick off pelaksanaan pasar murah yang akan dilaksanakan mulai tanggal ( 13/04/2023 ).

“Sesuai dengan pedoman kegiatan BI yang diminta usul oleh Kemenkeu dalam kegiatan gerakan nasional ini, adalah kegiatan kick off. Kami dalam rangka pelaksanaan kick off ini, kita adakan pasar murah pak, ini menjadi bagian dalam louching Gernas BBI Papua Barat,” Jelas James.

Rencana Gernas BBI tingkat Provinsi Papua Barat tahun 2023 akan berlangsung digelar di kabupaten Kaimana pada ( 09/05/2023 ). Papua Barat baru memperoleh 55 perserta UMKM yang sudah Onbording dan akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Diharapkan angka ini akan semakin meningkat guna memberi sumbangsi terhadap target nasional 30 juta onboarding pelaku UMKM tahun 2024.

Hadir dalam rapat ini, kepala perwakilan BI Papua Barat beserta staf, Pj. Sekda Papua Barat, Plt. Kepala Bapeda Papua Barat, serta para pimpinan OPD terkait.

Penulis Simon Patiran

Leave a Comment