Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Papua Barat Buka Pendaftaran

Manokwari-Surat Keputusan Gubernur Papua Barat nomor 161/251/11/2022, tentang pembentukan tim seleksi calon anggota komisi informasi Provinsi Papua Barat Periode 2023-2027, Ketua Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut., M.Si, Wakil Ketua, Syawaludin, MH, dan ketua Kesekretariatan tim seleksi, Kapala Dinas
Komunikasi informatika Persandian
dan Statistik Provinsi Papua Barat, Frans Pieter Istia, S.Sos.,MM. Tim seleksi telah membuka pendaftaran calon anggota komisi informasi Provinsi Papua Barat, mulai senin (16/01/2023). Hal ini diumumkan melalui konferensi pers yang berlangsung di Kantor Sekretariat Timsel Amban, sabtu (14/01/2023).

Ketua Tim seleksi, Prof Charlie, dalam konferensi pers menyebut, proses seleksi calon anggota komisi informasi dapat terlaksana sesuai amanat UU nomor 14 tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik. Proses seleksi dapat dilakukan, mengingat masa bakti anggota komisi informasi Provinsi Papua Barat yang berakhir pada januari 2023. Dikatakannya, dalam menjalankan proses dan mekanisme rekrutmen komisi informasi, tim seleksi hendak bekerja sesuai dengan peraturan komisi informasi pusat nomor 4 tahun 2016.

“Ini merupakan amanat yang diberikan, karena komisi informasi Provinsi Papua Barat yang lalu sudah selesai masa baktinya. Untuk memastikan jalannya urusan terkait dengan bagaimana mengawal tranparansi informasi publik, sehingga kita berupaya untuk melakukan proses seleksi calon anggota Komisi Informasi Provinsi Papua Barat.
Kami tim seleksi memiliki tugas dan tanggung jawab, bagaimana melaksanakan tahapan yang berlangsung dalam proses seleksi, sampai dengan mengumumkan hasil seleksi dan mengajukan 10 hingga 15 nama calon anggota komisi informasi Provinsi Papua Barat, kepada Gubernur Papua Barat, serta melaporkan pelaksanaan seleksi. Dalam proses rekrutmen kami memperhatikan keterwakilan Gender perempuan dalam proses rekrutmen,” jelas Prof Charlie.

Wakil ketua tim seleksi, Syawaludin, MH, menambahkan, tim seleksi anggota komisi informasi mengundang putra-putri terbaik Papua Barat untuk ikut mengambil bagian berpartisipasi dalam seleksi, dengan memenuhi persyaratan-persyaratan sesuai ketentuan hukum yang ada. Ia menjelaskan, bahwa terdapat dua unsur untuk menjadi calon anggota komisi infomasi, yakni unsur masyarakat dan unsur pemerintah.

“Tentu rencana rekrutmen anggota komisi informasi provinsi Papua Barat ini adalah untuk periode yang ke dua, karena periode yang pertama ini sudah berakhir pada bulan januari ini juga, oleh karena itu, tentu masa bakti mereka diperpanjang hingga proses rekrutmen sampai dengan menghasilkan anggota yang baru,” jelas Syawaludin, MH.

Hadir dalam konferensi pers, ketua tim seleksi Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut., M.Si, Wakil Ketua, Syawaludin, MH melalui zoom, anggota timsel Bustam, ST, serta sekretaris pada sekretariat tim seleksi, Muh. Fahmi Wugaje, S.Sos dan Ridwan Burangasi, S.Kom, serta para awak media.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment