Panen Sayur Kebun Pangan, Penjabat Gubernur Waterpauw : Waktunya Berhenti dengan Kemalasan dan Bangkit

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw,M.Si didampingi Pj. Ketua TP PKK Papua Barat, Ny. Roma M.P Waterpauw,S.Kom.,M.Si memimpin panen sayuran di Kebun Lahan Sumber Pangan Kampung Susweni. Hasil kebun yang telah dipetik menjadi semangat kebersamaan sebagai pemicu bangkitnya pemberdayaan lahan tidur semakin produktif, Sabtu (24/12/2022).

Dalam arahannya Penjabat Gubernur Waterpauw tegas menyatakan berkat sumberdaya alam yang diberikan Tuhan harus dimanfaatkan demi kesejahteraan bersama. Adanya kebun pangan Papua Barat juga merupakan tindaklanjut arahan Presiden guna mencegah krisis pangan yang diprediksi bisa terjadi pada 2023 mendatang.

“Panen hari ini sebagai cikal bakal di Papua Barat, kemarin sudah tanam dan lihat hasilnya kita akan panen dan nyatakan pada masyarakat dorang semua. Sudah mulai pegang parang, cangkul, pacul untuk manfaatkan lahan milik mereka,” Ujarnya.

Lanjut Penjabat Gubernur Papua Barat selaku pemerintah tetap mendukung apabila pemilik lahan bersedia berkolaborasi. Nantinya hasil akan dinikmati pemilik lahan dan masyarakat setempat, bukan untuk menjadi lahan bisnis oleh pemerintah.

Luasan lahan di kampung Susweni sekira 79 hektar akan dimaksimalkan. Selain itu mendapat dukungan oleh Universitas Papua dan Polbangtan Manokwari untuk mengkaji.

Penjabat Gubernur juga mengungkapkan tahun 2023 kebun tersebut akan digarap dengan peralatan modern agar hasil serta kualitas dapat lebih baik.

“Ini hasilnya tidak mungkin dijual, tidak mungkin. Hasil akan diambil oleh pemilik lahan untuk kepentingan kehidupan mereka,” Tegasnya.

Hal lainnya direncanakan kebun lahan sumber pangan bakal dijadikan lokasi agrowisata seperti yang telah dikembangkan pada daerah lain di Indonesia. Kata Penjabat Gubernur Waterpauw ini menjadi keharusan agar generasi dapat mengenal pentingnya bercocok tanam sejak dini.

“Ini waktunya berhenti dengan kemalasan, tinggalkan itu semua bangkit dan laksanakan kemampuan saudara-saudara. Tuhan kasih hikmat agar bisa lakukan semua hal. Lokasi kebun ini bisa kita buat tempat wisata bagi anak-anak sekolah untuk kesini dan belajar langsung,” Tandasnya. [kpb_01]

Leave a Comment