Kesiapan Y20 Papua Barat Rampung 90 Persen, Kunjungan Situs Pulau Mansinam dan Penanaman Terumbu Karang Akan Ditatap Dunia

MANOKWARI – Persiapan penyelenggaraan Temu Pemuda Antar Negara (Y20) di Papua Barat dinyatakan rampung 90 persen. Hal itu disampaikan Panitia pelaksana melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Papua Barat, Hans L. Mandacan, S.IP.,M.Si, saat konferensi pers, Rabu (1/6/2022).

Dibeberkan Hans L. Mandacan, S.IP.,M.Si kegiatan tingkat keamanan peserta Y20 berbeda dengan W20 sesuai pengalamannya saat mengikuti di beberapa daerah. Hingga kini tercatat terdapat delegasi 15 negara Y20 yang dipastikan mengunjungi Papua Barat.

Disampaikan bahwa panitia nasional telah memeriksa kesiapan mulai dari fasilitas penginapan, titik kunjungan dan rute yang dilalui dipastikan aman.

“Saat ini untuk kami panitia daerah sudah 90 persen. Kegiatan ini untuk sementara sudah ada 15 negara atau pemuda yang tergabung dalam G20,” Jelas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Papua Barat, Hans L. Mandacan, S.IP.,M.Si.

“Untuk Y20 ini kita tidak terlalu keamanan ketat, karena kemarin saya ikut di Palembang dan Balikpapan untuk Youth itu agak bebas.,” Sambungnya.

Selain peserta antar negara, ada juga peserta lokal yang diseleksi panitia nasional untuk wilayah Papua Barat dan Papua mendapat jumlah kuota total 45 orang.

“Panitia nasional juga seleksi untuk peserta lokal Papua Barat sebanyak 30 orang dan Papua 15 orang,” Jelasnya.

Pengalaman berharga kepada para peserta yang terlibat dalam event Y20 tentu memberikan dampak positif dalam semua aspek. Nantinya output kunjungan akan diantar ke Jakarta dan melalui tahapan finalisasi berlokasi di Bandung, selanjutnya hasil akhir dilaporkan pada sidang G20 di Bali.

“Tema kita keberagaman dan inklusif, jadi peserta luar negeri senang sekali, apalagi kita Papua Barat punya Indeks toleransi umat beragama tertinggi di Indonesia. Mereka menukar pengalaman mengenai Papua dan negara lain dan hari pertama mereka akan keluar ke Pulau Mansinam,” Tambahnya.

Usai mengunjungi situs peradaban di Pulau Mansinam, para peserta akan menanam terumbu karang di Pulau Lemon dengan luas areal 2 hektar.

“Lokasi depan pulau lemon disiapkan 2 hektar untuk penanaman terumbu karang dan di Balikpapan saya sudah sampaikan hal itu. Untuk peralatan kami panitia daerah sudah siapkan semua, teknisnya nanti dari yayasan anak air yang mendampingi,” Tutup Hans L. Mandacan,S.IP.,M.Si. [kpb_01]

Leave a Comment