Pj. Gubernur Papua Barat Beri Instruksi Sekda dan Kepala BPBD Salurkan Bantuan Tanggap Darurat Pasca Banjir di Teluk Wondama

Manokwari – Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si memerintahkan Sekretaris Daerah (Sekda), Nathaniel Mandacan dan Kepala BPBD Derek Ampnir segera menyalurkan bantuan tanggap darurat pasca banjir yang melanda Kabupaten Teluk Wondama pada Minggu (29/5/2022) malam.

Selain itu, Penjabat Gubernur Papua Barat meminta masyarakat tetap tenang dan selalu waspada. Lanjutnya, pemerintah akan bertindak cepat mengatasi kesulitan warga.

‘’Saya sudah meminta Pak Sekda dan Kepala BPBD untuk meninjau lokasi dan segera menyalurkan bantuan tanggap darurat. Kami harapkan masyarakat tetap tenang. Pemerintah akan bertidak cepat membantu mengatasi kesulitan warga terkena dampak banjir akibat anomali cuaca,” ujar Pj. Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw,M.Si singkat saat diikonfirmasi terkait bencana tersebut, Selasa pagi (31/5/2022).

Banjir di Teluk Wondama terjadi Minggu sore (29/05/2022) dan Senin (30/5/2022) dini hari sekitar pukul 01.00 dinihari, yang didahului dengan hujan deras selama kurang lebih tujuh jam.

Hujan deras tersebut mengakibatkan sungai Ati di Distrik Rasiei dan sungai Kaibi di Distrik Wondiboi meluap dan membanjiri empat kampung.

Kepala BPBD Kabupaten Teluk Wondama Waori yang ditemui di lokasi pasca banjir menjelaskan luapan sungai yang masuk ke pemukiman dan rumah-rumah warga tidak hanya air tetapi juga lumpur, kayu-kayu gelondongan sehingga menyulitkan petugas melakukan pembersihan. Sementara itu akses tertutup lantaran kayu gelondongan yang berserakan.

‘’Luapan sungai hingga masuk ke dalam rumah warga bukan hanya air, tetapi juga lumpur dan kayu gelondongan besar mendarat di tengah jalan raya hingga sulit di bersihkan. Termasuk pada pukul 02.00 WIT semalam, akses jalan Wasior Rasiei tertutup, tidak bisa di gunakan akibat tertimbun lumpur dan kayu gelondongan besar sepanjang kurang lebih 1 kilo meter,’’ terang Waroi.

Saat ini dari data yang diperoleh BPBD terdapat 68 rumah Warga kampung Isei rusak akibat banjir, 1 rumah di kampung Kaibi mengalami rusak ringan dan satu unit kendaraan roda dua milik warga kampung Rasiei hanyut saat hendak menyeberang jembatan.

‘’Puji Tuhan meskipun banjir besar namun tidak ada korban jiwa,’’ jelasnya.

Lanjut dijelaskan, tim penanggungalangan bencana lintas sector sudah berkerja mulai hari ini sesuai tupoksi yakni dinas sosial, dinas pekerjaan umum, dinas lingkungan hidup dan juga TNI/Polri ikut membersihkan rumah warga.

Waroi menjelaskan hampir setiap tahun terjadi banjir di Wondama. Akibatnya pemerintah merugi, infrastruktur jalan, jembatan drainase rusak.

“Kami berharap pemerintah pusat perhatikan kabupaten Wondama, karena kabupaten Wondama berada diantara 6 sungai besar di dalam kota. Kalau pakai APBD sendiri tidak mampu terutama saat pemeliharaan mencegah bencana,” Tandasnya.

Leave a Comment