Jutaan Pasang Mata Saksikan Spektakuler Pembukaan PON XX Papua 2021

KABUPATEN JAYAPURA- Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo berlangsung spektakuler di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10/2021).

Sejumlah atraksi tarian kolosal khas Papua yang diperankan menambah kesan istimewah jutaan pasang mata yang menyaksikan di stadion maupun layar kaca. Ditambah lagi warna-warni lampu stadion dan persembahan suara emas artis lokal hingga nasional menggemparkan stadion sepak bola termegah tersebut.

“Mengucap Bismillahirrahmanirrahim, dengan nama Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha penyayang Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke XX Papua secara resmi saya nyatakan dibuka,” Ucap Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo disambut antusias masyarakat.

Parade devile kontingen yang berasal dari 34 provinsi se-Indonesia dikemas dengan beranekaragam ciri khas budaya setempat. Perlu diketahui juga, peserta yang mengambil bagian memiliki spirit membara seiring nyalanya Api PON XX yang dibawah oleh legenda hidup sepak bola kebanggaan Papua, Boaz Solossa.

Ada yang unik dalam pergelaran PON Tahun ini sebagaimana telah disaksikan bersama orang nomor satu di Indonesia turut mengambil bagian ketika diajak bermain bola bersama legenda sepak bola Indonesia, Jack Komboy dan tiga anak Papua membuat atmosfer semakin meriah.

Berasal dari Provinsi Papua Barat turut hadir Wakil Gubernur, Mohamad Lakotani, S.H., M.Si, Sekda Dr. Nataniel D. Mandacan, Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor, Kasdam XVIII Kasuari, Wakapolda Papua Barat, Sekwan DPR Papua Barat, Kadispora Papua Barat dan jajaran KONI Papua Barat serta tamu lainnya.

Gubernur Papua Barat,Drs. Dominggus Mandacan,M.Si bersama forkopimda yang tidak sempat mengambil bagian akan menyambut kunjungan Presiden di Kota Sorong, Minggu (3/1/2021).

Pantauan media Diskominfo Papua Barat, sejak dimulai hingga berakhirnya pembukaan event empat tahun tersebut berjalan dengan aman dan lancar. Kemeriahan puncak acara, masyarakat Indonesia, lebih khusus di Kabupaten dan Kota Jayapura disuguhi pesta kembang api dari stadion Lukas Enembe dan Jembatan Youtefa. [kpb_01]

Leave a Comment