Gubernur Papua Barat Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Manokwari – Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan berkesempatan mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual dari Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta pada Jumat (1/10/2020).

Pada kesempatan itu hadir pula Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing berserta pejabat lainnya.

Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara turut didampingi oleh Wapres Ma’aruf Amin bersama para pejabat lainnya. Pada momentum itu Jokowi berpesan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tahun untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di Indonesia.
“Hari Kesaktian Pancasila setiap tahun kita peringati untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di negeri ini, sekaligus mengingatkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan,” ujar jokowi.

Upacara diawali dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya. Selanjutnya Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti, membacakan teks Pancasila. Sedangkan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Bambang Soesatyo, membacakan pembukaan UUD 1945.
Pada kesempatan itu juga dilaksanakan Pembacaaan dan penandatanganan ikrar yang dilakukan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Puan Maharani.

Keiikutsertaan gubernur dalam upacara virtual ini tetep dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. (kpb_02)

Leave a Comment