Gubernur Resmi Lantik Ketua IKF Papua Barat, Bersama Dukung Program Pemerintah

MANOKWARI- Pelantikan Ikatan Keluarga Flobamora, Angkatan Muda Flobamora, dan Persatuan Perempuan Flobamora Provinsi Papua Barat Periode 2021-2026 berlangsung hikmat sesuai tema ” Jadilah Pribadi Yang Berhikmat di Tanah Rantau”, Sabtu (25/9/2021) bertempat di Aula Universitas Papua.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, M.Si melantik Ketua Umum Ikatan Keluarga Flobamora yang dipercayakan kepada Clinton Tallo. Selanjutnya Ketua IKF melantik Angkatan Muda Flobamora, dan Persatuan Perempuan Flobamora Provinsi Papua Barat.

Dalam sambutannya Gubernur menjelaskan secara historis kehadiran keluarga Flobamora telah mendiami tanah Papua, khususnya Papua Barat sejak zaman dahulu. Salah satu bukti nyata yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yakni mas kawin yang menggunakan kain Timor pada sejumlah daerah.

“Keluarga besar Flobamora/ NTT bukan hari ini baru ada di tanah Papua tetapi sejak moyang kami ada, terutama Papua Barat. Maskawin suku-suku yang ada di Papua Barat menggunakan kain Timor, termasuk keluarga besar Arfak, Moi, Tehit, Maybrat dan suku lainnya,” Ungkap Gubernur Papua Barat yang sekaligus juga merupakan Kepala Suku Besar Arfak.

“Ini harus buat penelitian atau kajian siapa yang pertama bawa kain Timor di Papua Barat dan dipakai untuk mas kawin ini,” Sambung Gubernur.

Gubernur meminta dukungan keluarga Flobamora dalam realisasi program pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota Se-Papua Barat. Para pengurus yang hari ini dilantik hendaknya melakukan konsolidasi Flobamora sehingga jika terdapat program yang belum terlaksana dapat diagendakan.

“Dukungan dalam semua program dan kebijakan yang ada, visi misi pemerintah provinsi dan kab/kota dan selama ini sudah berikan, harus ditingkatkan lagi. Sekecil apapun kontribusi yang diberikan keluarga Flobamora membawa perubahan kepada kami. Saya ucapkan terimakasih, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung” Seru Gubernur.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Flobamora Papua Barat, Clinton C. Tallo menjelaskan kepercayaan untuk menahkodai organisasi pada periode kedua menjadi tanggungjawab dalam membesarkan keluarga Flobamora dan mendukung program pembangunan pemerintah. Clinton mengisahkan sosok Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan seorang rendah hati yang selalu hadir setiap acara keluarga Flobamora.

Selain itu pada saat bencana di NTT beberapa waktu lalu, Provinsi Papua Barat memberikan kontribusi berupa bantuan yang nilainya terbesar seluruh Indonesia.

“Bapak Gubernur ini adalah bagian dari orang tua kita. Selama saya berada di Papua Barat, saya tau orang tua kita ini hadir setiap acara yang dilakukan keluarga Flobamora.
Kita bangga makan disini, tidur disini, minum air disini dan mari kita mendukung bapak Gubernur dan Bupati kita,” Tambah Ketua Umum IKF Papua Barat.

“Mari kita bersatu hati, membesarkan Flobamora, tinggalkan ego sektoral, kita bersama gandeng tangan,” Harap Clinton C. Tallo. [kpb_01]

Leave a Comment