Keamanan Dijamin, Pengungsi Warga Distrik Muskona Barat Pulang

TELUK BINTUNI- Bertempat di Gedung Serbaguna, Kabupaten Teluk Bintuni, Agenda Tatap Muka Gubernur Papua Barat, Pangdam XVIII Kasuari dan Kapolda Papua Barat dengan masyarakat Distrik Muskona Barat dalam rangka pengembalian ke kempung halaman telah berlangsung, Senin (2/8/2021).

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan memberikan wejangan kepada warga yang mengungungsi akibat adanya ganggunan keamanan beberapa waktu lalu sekira jangan takut. Para Tokoh Adat, Agama dan pemerintahan setingkat distrik diingatkan membangun komunikasi bersama para pihak agar suatu hal menjadi keluhan dapat tersalurkan.

“Kita ini satu keluarga besar di Papua Barat, yang perlu Bapak pesan mungkin dalam beberapa hal disampaikan tadi, keamanan disana terganggu kemudian Bpa/Ibu bisa turun tinggal di Bintuni. Kemudian sudah aman akan kembali ke Meyerga,” Ucap Gubernur Dominggus Mandacan.

“Saya harapkan semua tokoh diatas bisa berperan. Bangun komunikasi dengan mereka, dalam arti tugas tanggung jawab pelayanan pemerintahan, mungkin ada pembangunan yang belum dirasakan,” Tambahnya.

Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr menyatakan siap menjamin keamanan para pengungsi yang hendak pulang ke tempat tinggalnya. Warga Distrik Moskona Barat wajib saling mengingatkan dalam menjunjung toleransi serta menciptakan kedamaian antar sesama.

Disisi lain Negara dan pemerintahan turut hadir dan memberikan peluang yang sama, oleh sebab itu situasi merugikan harus dibuang karena pembangunan lebih penting nilainya.

“Pesan saya, himbau kepada saudara kita yang diatas agar mereka buang jauh situasi seperti itu, kita segera membangun. Pace, Mace, Bapak, dan Ibu sekalian jangan takut kita tinggal diwilayah kita sendiri. Negara hadir disini, pemerintah hadir disini,” Beber Pangdam XVIII Kasuari.

“Saya Pangdam XVIII Kasuari yang bertanggungjawab terhadap situasi keamanan, saya jamin keamanan Pace, Mace semua disini. Keselamatan adalah Hukum tertinggi di Negara kita,” Tegasnya.

Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Ir. Petrus Kasihiw, MT melaporkan kepada Gubernur hingga siang tadi kurang lebih 100 orang pengungsi telah kembali secara bertahap. Bupati Kasihiw menjelaskan sejak dahulu kehidupan di wilayah tersebut sangat baik sehingga harus ditingkatkan.

“Saya sangat berharap kepada warga masyarakat Distrik Moskona Barat, mari kita kembali, pemerintah tetap menjamin keamanan diatas sebab dari dulu kitong damai saja ditempat ini. Kita adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dijamin oleh Negara dan Pemerintah,” Tandas Bupati Teluk Bintuni. [kpb_01]

Leave a Comment