HKG Ke-49, Ny.Yuliana Mandacan : Tetap jaga komitmen dan dedikasi untuk memajukan Gerakan PKK

KABUPATEN SORONG- Momen Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-49 Tahun 2021 di Papua Barat terlaksana di Aimas Convention Centre, Kabupaten Sorong, Kamis (29/4/2021).

Hati Kesatuan Gerak PKK yang merupakan momentum mendasar, serta memiliki arti penting dalam implementasi 10 programnya. Memasuki Tahun ke 49, peringatan mengusung tema “Keluarga Pelopor Perubahan menuju Indonesia Maju”.

Pelopor perubahan memberi makna bahwa PKK dan Kader diseluruh pelosok nusantara hendaknya mengetahui serta mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup.

“Peringatannya memberikan penegasan bahwa Gerakan PKK diolah dari oleh dan untuk masyarakat, serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam suatu kesatuan tujuan yaitu masyarakat yang berdaya dan sejahterah,” Ucap Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat, Ny. Yuliana Mandacan, saat membacakan sambutan tertulis Kata Umum TP PKK.

Gerakan PKK bukan semata menempatkan keluarga sebagai objek dan sasaran program pemerintah, namun lebih mengedepankan perubahan menuju kehidupan masyarakat lebih baik.

Tidak hanya itu, sejak adanya pandemi covid-19, Tim Penggerak PKK membantu pemerintah menangani penyebarannya dengan sejumlah terobosan.

“Gerakan PKK adalah gerakan yang mampu menginisiasi keluarga-keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional. Saat ini gerakan PKK semakin berkembang dengan program programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa sejak merebaknya pandemi covid-19. Kader PKK telah aktif melakukan kampanye protokol kesehatan dengan gerakan 3M, pemberian bantuan makanan bergizi bagi masyarakat terdampak covid 19 serta gebrak masker yang dilakukan sejak awal pandemi hingga saat ini adalah salah satu peran aktif PKK,” Urainya.

Pelaksanaan Pembangunan Nasional yang dilakukan pemerintah dalam mewujudkan Indonesia maju masih dihadapkan pada berbagai permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks. Utamanya terkait isu strategis nasional seperti degradasi moral, tingginya angka stunting, pandemi covid19, kerusakan lingkungan serta isu lainya.

“Hal tersebut menegaskan bahwa keterkaitan Program PKK sebagai mitra pemerintah harus bersinergi dengan prioritas program dan kegiatan nasional maupun daerah. Mari tetap jaga komitmen dan dedikasi untuk memajukan Gerakan PKK,” Tandas Ny. Yuliana Mandacan.

Leave a Comment