Kunker di Papua Barat, Panglima TNI : Tokoh Agama Sentral Menjaga Persatuan dan Kesatuan

MANOKWARI- Tokoh agama merupakan sentral untuk menjaga persatuan dan kesatuan, serta penggerak kepada seluruh masyarakat untuk mematuhi yang sudah digariskan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Salah satu bukti nyata pelaksanaan penegakan protokol kesehatan, para tokoh agama menjadi garda terdepan guna menyampaikan pesan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak).

Ungkapan tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada acara Komunikasi Sosial Panglima TNI dan Kapolri, didampingi Kabaintelkam Polri Komjen Paulus Waterpauw mewakili Kapolri, Sabtu (03/4/2021) di Gedung PKK Papua Barat.

Lebih lanjut disampaikan Panglima TNI bahwa saat ini sedang digelar vaksinasi yang dilakukan oleh para tenaga kesehatan, termasuk didalamnya oleh petugas-petugas pemerintah.

Dirinya mengingatkan kepada para tokoh agama Papua Barat yang hadir, maupun tokoh agama Provisi Papua turut mengikuti secara virtual bahwa vaksinasi bukan satu-satunya senjata ampuh untuk menghadapi Covid-19. Melainkan senjata ampuh yakni tetap menggunakan masker agar tidak tertular atau terpapar Covid-19.

“Pelaksanaan vaksinasi ini diharapkan bisa mencapai _herd immunity_ 70% dari jumlah penduduk Indonesia. Nantinya apabila _herd immunity_ itu sudah bisa tercapai, kita prediksi bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan terus meningkat. Itulah salah satu peran tokoh agama dalam kehidupan bermasyarakat,” ungkap Marsekal Hadi Tjahjanto, melalui rilis Pendam XVIII/Kasuari.

Selanjutnya dilakukan pembagian Sembako kepada para tokoh agama ini secara simbolis, yang diserahkan oleh Panglima TNI, Kabaintelkam Polri dan Gubernur Provinsi Papua Barat.

Kemudian Panglima TNI dan rombongan bergerak ke kantor Gubernur Papua Barat untuk meninjau langsung kegiatan Serbuan Vaksinasi di Papua Barat, yang diwarnai dengan video conference kegiatan vaksinasi yang pada hari tersebut digelar di 9 titik berbagai daerah di wilayah Provinsi Papua Barat.

Turut hadir dalam kegiatan Panglima TNI ini, Pangkogapwilhan III Letjen TNI Agus Rohman, S.I.P., Asops Kaskogabwilhan III Brigjen TNI Suswatyo, Pangkoarmada lll TNI AL Laksda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han), Pangkoopsau III Marsda TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., MDS., Danlanud Manuhua Biak Marsma TNI Donald Kasenda, S.T., S.IP., M.M., Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han), Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing, SIK.M.Si, Kabinda Papua Barat, para pejabat Kodam XVIII/Kasuari dan Polda Papua Barat, Bupati Manokwari, Ketua MRP Papua Barat, para tokoh agama Papua (secara virtual) dan Papua Barat, serta Ibu Ketua dan Pengurus Dharma Pertiwi Daerah P, Dharma Wanita Provinsi Papua Barat dan Bhayangkari Polda Papua Barat. [kpb_01]

Leave a Comment