Perpres No.14 Th 2021 Acuan Masyarakat Sukseskan Vaksin Covid, Gubernur PB : Tahap 3 mulai bulan Juni

MANOKWARI- Setelah resmi mencanangkan Vaksinasi Covid-19 Tahap II, Pemerintah Provinsi Papua Barat menargetkan pelaksanaan Vaksin Tahap III pada bulan Juni 2021 mendatang. Kabar tersebut disampaikan langsung Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, Rabu (03/03/2021), di Gedung Arfak Convention Hall Polda Papua Barat.

Pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga di Papua Barat tentu menyasar seluruh masyarakat pada kelompok usia 18-Tahun keaatas yang bertempat tinggal di kawasan dengan resiko tinggi.

“Dengan begitu mulai bulan Juni 2021, Kita sudah bisa dan siap melaksanakan Vaksinasi tahap 3 dengan sasaran seluruh masyarakat usia 18 tahun keatas yang berdomisili di daerah resiko tinggi,” Beber Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan.

Selanjutnya kata Gubernur, telah diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Peraturan tersebut tentu menjadi dasar guna memastikan tahapan Vaksinasi dipatuhi oleh seluruh masyarakat.

“Untuk memastikan seluruh pentahapan Vaksinasi dipatuhi oleh seluruh masyarakat, maka telah diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021. Dimana pasal 13A mengatur tentang sanksi administratif bagi sasaran yang menolak vaksinasi berupa penghentian bantuan/jaminan sosial, penghentian layanan administrasi pemerintahan, dan atau denda,” Urainya.

Drs. Dominggus Mandacan turut meminta para pejabat pemerintahan, sipil maupun aparat keamanan wajib memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Hal lain yang menjadi harapannya yakni turut terlibat dalam memberikan edukasi sesuai informasi yang baik dan benar mengenai vaksin covid-19.

“Maka itu saya berharap kepada seluruh sasaran yang bekerja di pemerintahan, baik sipil maupun aparat keamanan, berikan contoh yang baik kepada masyarakat. Segera mendapatkan vaksinasi sebanyak 2 kali penyuntikan/dosis,” Imbuhnya.

“Kepada para tokoh panutan daerah,organisasi profesi, dan kemasyarakatan, bantu memberi edukasi masyarakat dengan menyebarkan informasi yang baik dan benar terkait vaksin covid-19. Serta untuk semua pihak tingkatkan kerjasama, saling mendukung, dan gotong royong dalam pelaksanaan program vaksinasi demi mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok dalam mengatasi Pandemi ini untuk kita semua,” Tutup Gubernur. [kpb_01]

Leave a Comment