Capaian Hasil Riset dan Inovasi Daerah Balitbangda Papua Barat Tahun 2020 Diekspose

MANOKWARI- Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Papua Barat menggelar Pameran dan Ekspose Hasil Riset dan Inovasi Daerah Tahun 2020, Selasa (23/02/2021), berlokasi pada salah satu hotel di Manokwari.

Dalam situasi Pandemi Covid-19 tahun 2020 telah melumpuhkan berbagai aspek secara global dan terkhususnya Provinsi Papua. Namun Balitbangda Provinsi Papua Barat tetap Produktif dan melakukan terobosan luar biasa guna mendukung Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat dalam pembangunan.

Dalam kegiatan itu dihadiri Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan bersama Forkopimda serta mitra pembangunan secara langsung menyaksikan Peluncuran Buku Kelitbangan dan Inovasi Daerah Tahun 2020.

Adapun buku yang diluncurkan yakni Inovasi Daerah Provinsi Papua Barat oleh Tim Peneliti Balitbangda Provinsi Papua Barat, Kajian Bidang Ekonomi : Kawasan Ekonomi Khusus Provinsi Papua Barat, Orang Asli Papua : Dalam Pengelolaan Pariwisata Berbasis Konservasi di Kepala Burung Papua.

Selanjutnya Taxonomi, Ekologi, dan Silvikultur MERBAU oleh Julius Dwi Nugroho dan Irdika Mansuar, Perikanan Tangkap di Kabupaten Teluk Wondama oleh Roni Bawole, Ridwan Sala, Ferawati Runtuboi, Mudjirahayu, Irwanto, Abraham Goran Gaman, dan Mamberamo : Cerita kisah perjalanan oleh Alberth Yomo.

Dalam rangka perlindungan Kekayaan Intelektual di bidang Ilmu Pengetahuan, Seni dan Sastra berdasarkan Undang-Undang 28 Tahun 2014, Balitbangda Provinsi Papua Barat bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Kantor Wilayah Papua Barat melakukan pendaftaran untuk melindungi Hak Kekayaan Intelektual. Dari 21 Hak yang difasilitasi, telah terbit 8 sertifikat, diantaranya 2 sertifikat telah diterima oleh Pemerintah Daerah Kabuapten Teluk Wondama sebagai pemegang hak kekayaan Buah Hitam dan Sagu Buah Hitam, sementara 13 Hak lainnya masih dalam proses pengurusan.

6 Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual yang meliputi 3 buah Buku , 1 Majalah karya Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, dan 2 Lagu turut diserahkan Gubernur kepada pemilik hak cipta. Terakhir Penyerahan Rekomendasi hasil-hasil Riset Balitbangda Provinsi Papua Barat Tahun 2020 berupa Master Plan dan Detail Engineering design energi baru terbarukan Pusat Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Minyambow Kab. Pegunungan Arfak dan Sosmorof Kab. Manokwari Selatan.

Usai menyaksikan sejumlah tayangan dan penyerahan capaian hasil riset tahun 2020, Gubernur bersama forkopimda mengunjungi stand pameran Inovasi yang merupakan produk-produk dari Perguruan Tinggi, Mitra Pembangunan dan lainnya. [kpb_01]

Leave a Comment