Pasca Bencana Sosial 2019, Hari ini Gubernur Papua Barat Resmikan Kantor Baru MRP-PB

MANOKWARI- Dalam rangka mendukung kinerja serta operasional Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Barat pasca bencana sosial 19 Agustus 2019 lalu, saat ini telah memiliki kantor baru.

Kantor MRP-PB diresmikan langsung oleh Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan dan dihadiri sejumlah pimpinan OPD dilingkup pemprov Papua Barat, Senin (08/02/2021).

Dalam sambutannya, Gubernur Mandacan mengungkapkan peresmian bangunan kantor MRP-PB merupakan suatu kebutuhan yang wajib ditunjang oleh pemerintah berupa sarana prasarana guna mendukung pelayanan dan tugas kepada masyarakat Papua Barat.

“Peresmian gedung kantor baru ini merupakan kantor sementara yang akan digunakan oleh perangkat Majelis Rakyat Papua Barat dan Pemerintah Provinsi Papua Barat. Kami berharap kedepannya akan dibangun kantor MRP bersifat permanen dan representatif,” Ucap Gubernur, Drs. Dominggus Mandacan.

“Untuk membangun 2 gedung kantor yaitu DPR dan MRP kami waktu itu bertemu Menteri Keuangan di Jakarta. Kemudian proposal diusulkan yang sudah direspons waktu itu tahun 2020 sebesar 107 milyar bagi 2, ternyata dengan adanya Pandemi covid-19 terjadi refocusing untuk penanganan covid-19 yang berdampak pada kesehatan, sosial masyarakat dan ekonomi,” Sambungnya.

Namun perkembangannya tidak berhenti sampai disitu saja, pasalnya Pemerintah kembali mengusulkan proses pembangunan tersebut pada akhir Desember 2020 melalui Kementerian PUPR.

“Akhir 2020 kami sudah usulkan kembali untuk diprogramkan melalui kementerian PUPR. Kita masih kordinasi terus yaa. Kita ikut perkembangan kalau tidak direspons kita lihat kedepannya,” Imbuhnya.

Ketua Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat, Maxsi Nelson Ahoren memberikan apresiasi dan ungkapan terimakasih kepada Pemerintah Papua Barat atas perhatian sehingga dapat memiliki kantor baru pasca bencana sosial. Selain itu turut disampaikan permohonan kepada Gubernur Papua Barat untuk menindaklanjuti permohonan rencana pembangunan gedung kantor permanen dan representatif dilengkapi sarana dan prasarana.

“Atas nama lembaga kultur Orang Asli Papua, saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur dan seluruh jajarannya karena telah membantu menyiapkan anggaran dalam pembangunan kantor baru MRP Papua Barat. Majelis Rakyat Papua sebagai lembaga representatif bagi orang asli Papua berdasarkan situasi dan kondisi pasca bencana sosial, maka melalui Gubernur telah memberikan anggaran untuk membangun kantor MRP Papua Barat yang bersifat semi permanen guna menunjang tugas-tugas dan tanggungjawab dimaksud,” Ujar Ketua MRP Papua Barat.

“Bapak Gubernur, permohonan ini sangat penting bagi kami di Majelis Rakyat Provinsi Papua Barat mengawal aspirasi masyarakat. Akibat keterbatasan sarana prasarana 2 tahun lalu banyak aspirasi yang tidak dapat kami jawab satu per satu,” Harap Maxsi Nelson Ahoren. [kpb_01]

Leave a Comment