Rakerda Bupati dan Walikota Se-Papua Barat bersama Satgas Covid19 & Pemulihan Ekonomi

MANOKWARI- Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) para Bupati dan Walikota se Papua Barat dalam rangka penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, Rabu (04/11/2020).

Rapat yang dipusatkan pada salah satu hotel di Manokwari mengusung tema “Aksi Daerah Terhadap Pengurangan Resiko Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah serta Sosial Universal di Provinsi Papua Barat” jadwalnya dilaksanakan pada 4-5 November 2020.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan dalam sambutannya menjelaskan, Satgas Penanganan Covid-19 dan Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi dan Sosial Universal Provinsi Papua Barat dibentuk berdasarkan peraturan presiden no 22 tahun 2020.

“Akibat dampak Corona virus disease 2019, dibentuk berdasarkan peraturan Presiden nomor 22 Tahun 2020. Salah satu yang menjadi pertimbangan dibentuknya satgas ini karena penanganan Covid-19 tidak terlepas dari upaya pemulihan perekonomian daerah dan Nasional,” Ucap Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan.

Pandemi Covid-19 turut menimbulkan pengaruh terhadap sektor ekonomi dan pariwisata di Provinsi Papua Barat. Hal tersebut dapat dilihat melalui meningkatnya jumlah kasus positif.

“Sektor ekonomi dan parawisata sangat terdampak oleh pandemi virus Corona dengan kasus yang terus meningkat di Papua Barat. Pada kesempatan ini saya meminta kepada para Bupati,Walikota, Satgas covid-19 dan Satgas Pemulihan Ekonomi dan Sosial Universal Provinsi Papua Barat agar seimbang dalam mengendalikan penyebarab Covid-19 dan perekonomian akibat Pandemi,”

Para bupati dan wakikota serta satgas dapat melakukan monitoring stimulus fiskal yang telah diberikan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dalam mendongkrak perekonomian.

Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan meminta agar bupati dan walikota serta satgas penanganan covid19 tetap memprioritaskan belanja untuk kesehatan yang merupakan strategi utama terkait dengan surveillance (pengawasan) tes lacak, dan isolasi terus dijalankan.

Disamping itu, Pemerintah juga berupaya untuk mengembalikan rasa aman pada masyarakat untk kembali beraktivitas diluar rumah sebagaimana biasanya, diwujudkan dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat bersama-sama, bergandengan tangan dalam upaya menekan laju penyebaran di daerah ini. Cara terbaik yang dapat kita lakukan adalah disiplin mematuhi protokol kesehatan,” Harap Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan sekiranya para Bupati, Walikota dan Satgas penanganan covid19 serta pemulihan ekonomi dapat mengoptimalkan fungsi layanan dasar kesehatan masyarakat seperti puskesmas dan posyandu, kepada masyarakat guna mendapat pelayanan-pelayanan rapid tes, masker dan juga memulihkan stabilitas ekonomi provinsi Papua Barat secara Nasional tetap bertumbuh positif.

Rakerda Bupati, Walikota beserta Satgas dihadiri Wakil Gubernur Mohammad Lakotani, Pangdam XVIII Kasuari, Kapolda Papua Barat, Kabinda Papua Barat, DPR Papua Barat, MRP Papua Barat, dan Para Pimpinan OPD lingkup Pemprov Papua Barat. (kpb_03)

Leave a Comment