Gubernur Dominggus Mandacan Ajak Masyarakat Selalu Konsumsi Sagu

Selasa,(20/10/2020) Pekan Sagu Nasional dengan tema “Sagu untuk Indonesia Maju” resmi digelar di Jakarta yang dihadiri langsung Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan beserta rombongan.

Perlu diketahui bersama bentangan luas areal Sagu di Provinsi Papua Barat sebesar 510.000 hektar telah mencatatkan namanya pada peringkat kedua setelah Provinsi Papua. Luasan yang tidaklah sedikit itu telah membentuk dusun dan kebun sagu 20.000 hektar atau 3,93% dan tentu memiliki potensi dalam pemanfaatannya.

Hasil pengolahan Sagu oleh masyarakat yang memiliki keahlian dan kreatifitas turut mengubah bahan dasar Sagu menjadi aneka makanan dan minuman yang sehat dikonsumsi.

Meski makanan dan minuman berbahan dasar Sagu telah banyak dihasilkan, Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan juga menyerukan kepada masyarakat agar selalu mengonsumsi sagu dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai Gubernur harapan kita semua mari dengan adanya pekan sagu nasional tahun 2020 juga sekaligus memperkenalkan sagu kepada publik. Terutama kita orang Papua dalam kehidupan sehari-hari kita bisa lebih banyak makan sagu,” Jelas Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan saat ditemui belum lama ini.

Gubernur menambahkan, khasiat makan Sagu bagi Orang Asli Papua telah terbukti dan dirasakan manfaatnya bagi kesehatan.

“Sagu ini kita makan kan sehat. Dalam berbagai kesempatan kita saling mengajak, mari makan sagu atau mari makan Papeda,” Harap Gubernur. (kpb_01)

Leave a Comment