Gubernur Papua Barat Mengikuti Rapat Monitoring Kegiatan Ekonomi

Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, mengikuti Rapat Monitoring Kegiatan Ekonomi yang bertempat di Ruang Rapat Lantai I, Kantor Gubernur Provinsi Papua Barat pada Selasa (05/05/2020).  Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari arahan Gubernur terkait dampak Pandemi Global Covid-19 terhadap sektor perekonomian di Provinsi Papua Barat. Dalam rapat yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIT tersebut, para peserta saling memberikan laporan situasi dan kondisi ekonomi terkini yang terjadi dan langkah-langkah apa saja yang diambil oleh OPD terkait.

Dalam rapat tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Papua Barat menerangkan bahwa terdapat beberapa dampak nyata yang dialami pada Bidang Ketenagakerjaan di Provinsi Papua Barat. Salah satunya adalah terkait THR yang tidak mampu diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya akibat produktivitas yang menurun. Selain itu, sektor jasa perhotelan dan pariwisata juga harus merumahkan para pekerjanya sebagai dampak dari kebijakan pemerintah yang membatasi mobilitas masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19.

Dalam laporannya, Kadisnaskertran Provinsi Papua Barat juga memberi saran kepada Pemerintah Daerah untuk memberikan bantuan langsung kepada masyarakat. “Para pekerja lebih mengharapkan bantuan secara nyata yang dapat diberikan oleh Pemerintah Daerah berupa Bapok dan kebutuhan lainnya. Dengan adanya Social Distancing membuat para pekerja dan keluarganya tidak berdaya.” Jelasnya.  Selain itu, Ia menambahkan bahwa dampak Covid-19 juga mempengaruhi sektor informal. “Daya beli masyarakat sangat menurun akibat adanya pembatasan bagi masyarakat untuk beraktivitas di sektor informal seperti penjual makanan, penjual sayur, ojek, petani, nelayan dll yang julanhnya ± 123.000 orang se-Provinsi Papua Barat.” tambahnya.

 

Leave a Comment