Diskominfoperstatik

Tertarik Aplikasi E-Office, Kominfo Papua Barat Kunjungi Jatim

Oleh MC PROV JAWA TIMUR

Surabaya, InfoPublik – Dinas Komunikasi Informatika Persandiandan Statistik Prov Papua Barat melakukan kunjungan kerja ke Jatim guna mengikuti pengenalan dan pelatihan pembuatan aplikasi e-office dan pembuatan vlog, Selasa (10/9/2019).

“Kami memandang bahwa Dinas Kominfo Prov Jatim pantas untuk dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut,” kata Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Prov Papua Barat, Frans Pieter Istia.

Lebih lanjut dikatakannya, sejak Diskominfo Papua Barat terbentuk dan disadari tugas-tugas yang terkait dengan pengelolaan tata naskah dinas agar lebih efektif serta dituntut pelayanan kepada publik harus cepat. “Kita akan membenahi tata naskah dinas dari secara manual ke digital, apalagi dengan tersedianya infrastruktur TIKnya,” katanya.

Frans juga berharap setelah mengikuti pelatihan tersebut, para ASN khususnya yang berada di bagian sekretariat bisa meningkatkan kinerja, apalagi sekretariat merupakan ujung tombak semua proses kedinasan.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika Dinas Kominfo Prov Jatim, Nirmala Dewi mengatakan, pengelolaan dokumen khususnya untuk arsip dinamis tata naskah dan kegiatan kearsipannya merupakan kegiatan yang sangat penting dan mendesak mengingat proses kegiatan organisasi merupakan siklus penting yang harus didokumentasikan dalam rangka penyelamatan nilai-nilai informasi didalamnya.

Pertumbuhan informasi akan mengakibatkan pertumbuhan volume dokumen, sehinga sangat diperlukan teknologi pendukung kegiatan tersebut. Dalam hal ini Sistem Aplikasi Tata Naskah Dinas berbasis Dokumen Elektronik sangat diperlukan.

Dikatakan Dewi, tujuan dilakukannya tata naskah dinas elektronik atau e-office yakni terselenggaranya sistem manajemen tata persuratan dan kearsipan berbasis dokumen elektronik secara merata di lingkungan pemerintahan.

“Hasil yang dicapai dari e-office, yakni dapat mewujudkan pendokumentasian distribusi dokumen persuratan dan kearsipan elektronik yang efisien dan cepat sesuai dengan standarisasi arsip/dokumen yang berlaku,” katanya.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-ern)

Oleh MC PROV JAWA TIMUR , diterbitkan oleh Yudi Rahmat

Sumber : infopublik.id

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close